Home / Pendidikan / Inilah 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat Tak Salah Jurusan Sesuai Kepribadian

Inilah 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat Tak Salah Jurusan Sesuai Kepribadian

Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat

Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tepat – Kuliah menjadi tujuan sebagian besar siswa Indonesia yang memiliki kemampuan akademis mumpuni atau biaya lebih. Kecenderungan persaingan di dunia kerja yang semakin hebat membuat kuliah jadi pilihan banyak orang tua untuk memaksimalkan pendidikan anaknya. Namun, bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat?

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Beragam jurusan dalam perkuliahan menjadi sebuah dilema bagi banyak siswa setelah lulus SMA. Jurusan tidak hanya dipilih berdasarkan minat tetapi juga kemampuan seseorang. Ada beberapa jurusan favorit yang ada di Indonesia, seperti ekonomi, hukum, pendidikan, hingga kesenian. Nah, alangkah baiknya sebelum memutuskan untuk kuliah, simak beberapa cara memilih jurusan kuliah berikut ini ya!

Cara Memilih Jurusan Kuliah di Indonesia

Berikut beberapa cara memilih jurusan kuliah yang bisa Anda terapkan:

1. Kenali bakat dan kemampuan

Bakat dan kemampuan setiap orang pasti berbeda satu dengan yang lainnya. Mungkin sebagian besar lebih suka dengan pembelajaran seni, ada juga yang dominan dari segi ilmu sains atau mungkin juga ekonomi. Sejak dini sebetulnya bisa dilihat bakat serta kemampuan dari setiap individu. Namun, terkadang pergaulan di sekitar membuat pilihan tersebut tidak dipertimbangkan lagi karena mengikuti tren yang ada.

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan mengenali bakat serta kemampuan yang dimiliki. Jurusan yang menjadi tujuan harus termasuk kategori bidang favorit. Misalnya, ketika gemar pada pelajaran matematika atau fisika di bangku sekolah, alangkah baiknya memilih jurusan MIPA atau sains dan semacamnya. Jadi, proses kuliah pun tidak akan membosankan karena Anda menyukai materinya.

2. Lihat kualitas alumni serta perguruan tinggi

Melakukan riset terhadap prestasi alumni dan kualitas perguruan tinggi adalah langkah berikutnya agar pilihan jatuh pada universitas yang tepat. Riset bisa dilakukan dengan melihat rekam jejak alumni dari universitas tersebut serta akreditasi yang disematkan. Cara memilih jurusan kuliah yang tepat selanjutnya adalah dari testimoni yang ada di internet. Testimoni juga bisa diperoleh dari beberapa alumni secara langsung yang merasakan suka duka bergabung di universitas tersebut.

3. Usahakan memilih jurusan banjir peluang kerja

Setiap orang pasti akan menggunakan ijazah perkuliahan untuk mencari pekerjaan. Seperti yang diketahui, saat ini lapangan pekerjaan yang tersedia di tanah air terutama kota-kota besar sangat minim. Belum lagi persaingan para sarjana berkompeten yang setiap tahun jumlahnya semakin meningkat. Itulah sebabnya, penting bagi siapa saja yang ingin berkuliah untuk memilih jurusan perkuliahan dengan peluang pekerjaan terbesar.

4. Jurusan yang bisa masuk banyak bidang

Cara memilih jurusan kuliah yang tepat adalah dengan memilih jurusan yang bisa masuk di banyak bidang kehidupan. Jurusan semacam ini juga banyak dipilih sebagai solusi bahwa setiap perusahaan pasti membutuhkan kemampuan tersebut untuk meningkatkan performa perusahaan. Sebagai contoh, jurusan akuntansi dan teknik informatika bisa menjadi pilihan karena hampir semua perusahaan pasti menggunakan tenaga tersebut.

5. Minta pendapat

Berusaha untuk meminta pendapat dari orang terdekat juga bisa menjadi solusi saat mengalami kebimbangan. Cara memilih jurusan kuliah yang satu ini bisa dilakukan ketika memang belum menemukan jurusan paling sesuai. Orang terdekat yang dimaksud bukan hanya orang tua saja, tetapi juga sahabat terdekat yang mengetahui kemampuan kita secara personal. Setidaknya, ada beberapa pendapat dari mereka yang bisa semakin memotivasi atau memberikan pertimbangan khusus lainnya.

Beberapa poin yang dijelaskan di atas merupakan cara memilih jurusan kuliah paling efektif. Berusaha menentukan masa depan dengan memilih jurusan kuliah yang tepat adalah kunci keberhasilan dalam bersaing di era millennial seperti saat ini.

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan, bakat serta minat tentu akan menyenangkan dan harus dilakukan sebelum masa sekolah berakhir. Jadi, segera pastikan jurusan kuliah tujuan Anda agar nantinya lebih mudah terjun ke masyarakat dengan ilmu bermanfaat.

Itulah beberapa cara memilih jurusan kuliah paling tepat dan menghindari penyesalan. Maklum saja, cukup banyak pengalaman yang menyebutkan bahwa mahasiswa sering memilih jurusan tanpa pertimbangan matang.

Baca Juga : Inilah Tips Trik 5 Contoh Usaha Yang Paling Cocok Dijalankan Di Dekat Kampus

Selain menyesal, tentu akibat lainnya adalah rugi dalam segi finansial dan waktu, bukan? Oleh sebab itu, pastikan memilih jurusan yang sesuai dengan beberapa pertimbangan dalam poin di atas.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.