Selasa, 11 Juni 2024

Cara Mengunci Data Penting Komputer Dengan Easy File Locker Gratis

Cara Mengunci Data Penting Komputer 00

Info Menarik – Sebagai antisipasi agar data penting yang tersimpan di komputer tetap aman, maka kita harus menguncinya. Ibarat sebuah rumah, jika kita tidak menginginkan sesuatu hal terjadi ketika rumah kita tinggalkan, caranya adalah dengan mengunci setiap pintu masuk. Data komputer-pun sama seperti itu, tentunya kita tidak setiap saat selalu memantau data komputer walaupun komputer tersebut adalah milik kita sendiri. Apalagi jika komputer tersebut adalah komputer perusahaan, sekolah, dan lain-lain (komputer umum). Oleh karena itu, agar data penting yang kita miliki tetap aman, maka kita harus tahu cara mengunci data penting yang tersimpan di komputer.

Pentingnya Mengunci Data Penting Komputer

Mengunci data penting di komputer sangatlah penting karena dapat melindungi informasi pribadi, keuangan, atau bisnis yang sensitif dari akses yang tidak sah atau pencurian data. Berikut beberapa alasan mengapa mengunci data penting di komputer sangat penting:

  1. Keamanan: Dengan mengunci data penting, Kamu dapat memastikan bahwa informasi pribadi atau bisnis Kamu tidak dapat diakses oleh orang yang tidak berwenang, termasuk pencuri atau hacker.
  2. Perlindungan privasi: Dengan mengunci data penting, Kamu dapat melindungi privasi informasi pribadi atau bisnis, termasuk rincian keuangan, informasi medis, atau informasi identitas.
  3. Kepatuhan: Dalam beberapa kasus, hukum mungkin mewajibkan Kamu untuk menjaga keamanan data tertentu. Dengan mengunci data penting, Kamu dapat memastikan bahwa Kamu mematuhi peraturan dan undang-undang yang berlaku.
  4. Menghindari kerugian finansial: Jika data penting Kamu dicuri atau diakses secara tidak sah, ini dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan. Mengunci data penting dapat membantu mencegah kerugian ini dan melindungi bisnis atau individu dari kehilangan uang.
  5. Kepentingan strategis: Bagi bisnis atau organisasi, informasi penting seperti rencana bisnis, strategi pemasaran, atau rahasia industri harus kita jaga kerahasiaannya agar tidak terungkap ke publik atau pesaing.

Cara Mengunci Data Penting Komputer Windows

Dalam rangka melindungi data penting, saya sarankan untuk menggunakan password yang kuat, mengaktifkan fitur enkripsi data, dan menghindari berbagi informasi sensitif secara terbuka di internet atau melalui email. Selain itu, penting untuk melakukan backup data secara teratur sehingga data penting dapat kita pulihkan jika terjadi kehilangan atau kebocoran data.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Data TerFormat Permanen di Komputer Menggunakan EaseUS

Bagi pengguna Windows, sebenarnya dalam hal mengunci data penting atau file-file penting yang tersimpan di folder komputer bisa kita lakukan dengan mudah. Kita tidak perlu menggunakan pihak ketiga atau software. Cukup kita menggunakan fasilitas yang sudah ada di Windows. Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas cara itu. Pada artikel ini saya akan menerangkan bagaimana cara mengunci data penting komputer dengan bantuan aplikasi Easy File Locker.

Apa itu Easy File Locker?

Easy File Locker adalah sebuah perangkat lunak gratis yang dirancang untuk membantu pengguna mengunci dan melindungi file atau folder pada komputer. Dengan menggunakan Easy File Locker, pengguna dapat mengunci akses ke file atau folder tertentu dengan kata sandi atau password, sehingga hanya pengguna yang memiliki kata sandi yang benar yang dapat membuka atau mengakses file tersebut.

Easy File Locker juga dapat membantu mencegah penghapusan atau modifikasi tidak sengaja pada file atau folder tertentu. Selain itu, perangkat lunak ini dapat membantu melindungi privasi pengguna dengan mengunci akses ke file atau folder yang berisi informasi sensitif atau pribadi.

Namun, perlu kita ingat bahwa Easy File Locker bukanlah perangkat lunak keamanan yang lengkap dan dapat dengan mudah orang lain tembus oleh pengguna yang memiliki pengetahuan teknis yang memadai atau menggunakan teknik hacking tertentu. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan perangkat lunak keamanan yang lebih kuat untuk melindungi data yang sangat penting atau sensitif.

Cara Mengunci Data Penting Komputer Menggunakan Easy File Locker

Jika Kamu tertarik ingin mencoba menggunakan aplikasi Easy File Locker, silakan ikuti artikel ini hingga selesai.

1. Download Aplikasi Easy File Locker

Pertama kita harus mengunjungi web resmi Easy File Locker dengan URL www.xoslab.com/efl.html untuk mengunduh aplikasi. Tenang saja aplikasi Easy File Locker dapat kita nikmati secara gratis dan ini resmi dari developer aplikasi. Aplikasi ini tersedia untuk Windows versi 32/86 bit serta versi 64 bit. Namun selain versi gratis, aplikasi Easy File Locker tersedia juga versi berbayarnya. Tentunya dengan menikmati aplikasi berbayar, maka kita akan mendapat kelebihan-kelebihan tersendiri tidak seperti versi gratis.

Cara Mengunci Data Penting Komputer 01

2. Cara Menggunakan Easy File Locker

Cara menggunakan aplikasi ini tergolong mudah. Setelah kita sukses unduh aplikasi Easy File Locker di web resminya, selanjutnya seperti biasa kita install di komputer atau laptop.

Untuk pertamakalinya menggunakan aplikasi Easy File Locker, kita harus memasukkan sebuah password. Silakan ketik saja password yang akan Kamu tentukan. Saran, buatlah sebuah password yang sulit orang lain tebak namun sangat mudah Kamu ingat.

Setelah sukses install aplikasi ini, silakan kita coba kemampuannya. Pertama kita klik menu Edit lalu Add File. Ini fungsinya untuk menentukan file/data mana yang akan kita kunci atau proteksi. Selain itu kita juga bisa mengunci data penting yang kita kumpulkan dalam satu folder dengan cara klik Add Folder.

Cara Mengunci Data Penting Komputer 02

Nah setelah kita menentukan file atau folder, selanjutnya kita akan dihadapkan pada tampilan seperti gambar seperti di bawah ini. Sebaiknya centang saja semua jenis proteksi yang terdapat di This file or folder will be:

blank

Selesai dan sekarang data penting Kamu sudah terkunci dan masuk kedalam list aplikasi Easy File Locker. Dengan demikian, data penting Kamu sekarang sudah lenyap dari tempat semula. Ini bukan hilang, tapi telah masuk ke dalam proteksi aplikasi Easy File Locker.

blank

Untuk mengentikan proteksi aplikasi Easy File Locker atau melepaskan kuncinya adalah dengan cara memilih Stop Protection.

Bagaimana mudah bukan? Mungkin hanya itu saja artikel dan semoga bisa bermanfaat. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About Info Menarik

blank
Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. blank
    willy

    Menjaga kerahasiaan dokumen di komputer kita sangatlah penting. jangan sampai data kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab

    • blank
      InfoMenarik

      Iya mas, data penting kita harus dijaga dengan baik apalagi data tersebut sangat rahasia :D

  2. blank

    biar ga dibuka sama siapa aja ya?nanti saya coba donlot :)
    terimakasih cara nya :)

    • blank
      InfoMenarik

      Iya mas hanya kita saja yang bisa buka, karena kita tahu kuncinya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.