Cara Merawat AC Ruangan Agar Tetap Awet Meski AC Sudah Lawas Dari Pembelian

Cara Merawat AC Ruangan – AC merupakan suatu peralatan elektronik yang sudah sangat lazim untuk digunakan oleh bayak orang. Malah terkadang, sering Anda temui dalam satu rumah saja, terdapat banyak AC yang dipasang. Lalu, seperti apa sih cara merawat AC agar tetap awet dan bisa selalu dingin untuk digunakan? Berikut ini merupakan ulasan selengkapnya untuk Anda.

6 Cara Merawat AC yang Baik dan Benar

Berikut ini merupakan 6 cara yang bisa Anda jadikan referensi untuk merawat AC ruangan dengan baik dan benar :

1. Matikan AC ketika Tidak diperlukan

Satu hal yang seringkali dilupakan oleh sebagian orang ketika menggunakan AC adalah tidak mematikan AC ketika sudah tidak digunakan. Padahal, untuk merawat AC agar tetap awet, cara ini menjadi cara yang penting. Selalu matikan AC ketika sudah tidak digunakan. Jangan biarkan AC tetap menyala walaupun tidak ada orang diruangan, hal ini akan mempengaruhi kinerja AC dan membuat AC bisa menjadi cepat rusak.

Baca Juga : 4 Cara Sederhana Merawat Speaker Agar Tidak Mudah Rusak!

2. Lakukan Perawatan dan pembersihan Secara Berkala

Kemudian, cara merawat AC yang kedua bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan dan pembersihan AC secara berkala. Sebagai sebuah benda elektronik yang sering digunakan sehari-hari, AC juga berpeluang menjadi kotor dan penuh debu, dan jika kotoran serta debu itu dibiarkan terus menerus maka akan membuat AC menjadi cepat rusak.

Usahakan untuk membersihkan AC secara berkala setidaknya setiap 6 bulan sekali, agar bisa dibersihkan dan dijaga kesehatan dari AC itu sendiri.

3. Tutup Pintu dalam Ruangan Ber-AC

Cara merawat AC yang kedua adalah selalu tutup pintu ruangan yang terdapat AC didalamnya. Jangan biarkan pintu terbuka ketika menggunakan AC dalam suatu ruangan. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja AC karena akan membuat kinerja menjadi berat.

Ketika didalam ruangan yang ber-AC usahakan pintu ditutup agar proses AC untuk mendinginkan ruangan menjadi lebih mudah dan ringan, sehingga AC bisa tetap awet dan tidak mudah rusak.

4. Selalu Atur Suhu AC diatas 22 derajat celcius

Ketika Anda menyetel suhu AC dibawah 22 derajat, maka hal ini akan memperberat kinerja AC, karena akan membuat mesin AC bekerja secara ekstra terus menerus dan membuatnya menjadi boros dalam hal energi. Ketika menyetel suhu dibawah 22 derajat, setiap komponen AC akan dipaksa lebih keras dan malah membuatnya cepat rusak.

Untuk itulah selalu usahakan untuk menyetel suhu AC diatas 22 derajat celcius. Suhu yang ideal untuk sebuah ruangan yang nyaman adalah berkisar di 25 derajat, dan itu sudah sangat cukup untuk digunakan disuatu ruangan oleh karena itu usahakan jangan sampai menyetel suhu dibawah 22 derajat, ya!

5. Letakkan Mesin Outdoor AC di tempat yang Tepat

Peletakkan mesin outdoor AC juga menjadi hal yang penting, pilih tempat yang tepat untuk meletakkan mesin itu, jangan sampai diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, atau terkena hujan secara langsung.

6. Pilih Ruangan yang Baik untuk Meletakkan AC

Desain ruangan juga berpengaruh untuk merawat AC. Gunakan ruangan yang tidak terlalu banyak kaca dan juga jendela atau ventilasi udara. Karena hal itu akan mempengaruhi kinerja dari AC itu sendiri dan membuatnya cepat rusak.

Pentingnya Merawat AC Ruangan

AC atau Air Conditioner merupakan suatu mesin atau perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suhu ruangan yang kita tempati agar tetap nyaman dan dingin. Dan ketika AC rusak, hal ini tentunya akan membuat ruangan menjadi tidak memiliki suhu yang ideal. AC sangat sering digunakan sebagai pengatur suhu dibeberapa tempat seperti kantor, sekolah, ataupun gedung lain yang membutuhkan pengaturan suhu didalamnya.

Baca Juga : Cara Jitu Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Yang Perlu Anda Ketahui!

Pengaturan suhu udara sendiri dibutuhkan, agar sebagai orang atau penghuni yang ada di ruangan tersebut bisa menjadi nyaman dan tidak panas saat berada di ruangan, oleh karena peran pentingnya itulah, merawat AC agar tetap awet dan dingin untuk digunakan menjadi hal yang harus dilakukan. Ingat, merawat komponen AC bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja, memang diperlukan perhatian khusus untuk selalu merawatnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Dari pernyataan diatas tersebut saya sangtlah terbantu adanya artikel diatas cara saya dalam merawat ac dengan baik. Adanya artikel itu say jadi lebih bisa merawat dan menjaga kebersihan terutama dengan ac ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.