Home / Pendidikan / Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Orangtua

Mengenal Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Orangtua

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini – Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD merupakan upaya dalam membina anak sejak lahir sampai umur enam tahun. Pendidikan ini untuk membantu pertumbuhan, merangsang kinerja otak anak, membantu perkembangan jasmani dan rohani. Pendidikan Anak Usia Dini masuk ke dalam hukum yang tercantum pada pembukaan UUD 1945, amandemen UUD 1945 pasal 28 C, UU No. 23/2002, dan UU No. 20/2003.

Baca Juga : Adakah Nilai Positif Teknologi Terhadap Pendidikan Anak? Yuk Kita Bahas Disini!

Penyelenggaraan PAUD dilaksanakan sebelum anak masuk ke jenjang pendidikan dasar. PAUD dapat diselenggarakan melalui pendidikan formal, non formal dan informal.

PAUD yang dilakukan secara formal contohnya yaitu sekolah taman kanak-kanak, raudhatul Athfal atau lainnya. Pendidikan Anak Usia Dini jalur non formal contohnya taman bermai dan penitipan anak. Sedangkan jalur informal contohnya PAUD dilakukan di lingkungan keluarga serta masyarakat.

Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini

Tujuan PAUD secara umum adalah mengembangkan dan menumbuhkan potensi yang berada di dalam diri anak sejak dini. Dengan begitu, anak bisa mempersiapkan untuk menyesuaikan diri pada lingkungan sekitarnya. Bila ditinjau dari aspek didaktis, tujuan pendidikan anak usia dini terdiri dari dua tujuan utama.

Tujuan pertama untuk menumbuhkan sikap, keterampilan dan sikap tanggung terhadap setiap tindakan yang dilakukan. Tujuan kedua yaitu memberitahu anak bagaimana cara mempelajari materi pendidikan dari tingkatan dasar dengan menerapkan empat pilar pendidikan UNESCO (learning to live together, learning to be, learning to do, dan learning to know). Tujuan PAUD dapat dicapai menggunakan pendekatan belajarlerning by playing.

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi 4 yaitu fungsi bermain, sosialisasi, fungsi pengembangan, danfungsi adaptasi. Penjelasan masing-masing fungsi dapat dilihat pada berikut ini.

1. Fungsi bermain

Bermain merupakan hak yang harus didapatkan oleh anak, jadi selama pembelajaran PAUD tidak luput dengan belajar sambil bermain, kemudian dapat mengeksplorasi membentuk pengetahuannya.

2. Fungsi sosialisasi

PAUD berperan dalam membantu agar anak melakukan sosialisasi dengan baik. Berbeda jika anak di rumah saja, mereka tidak bertemu teman sebanyanya untuk bermain dan sosialisasi. Pendidikan yang diberikan membuat anak lebih banyak melakukan interaksi baik dengan guru atau temannya.

3. Fungsi pengembangan

Fungsi pengembangan membantu anak agar mengetahui potensi yang dimilikinya. Berbagai rangkaian kegiatan di PAUD mampu menumbuhkan potensi anak. Bila potensinya sudah diketahui maka, tinggal diasah supaya dapat berkembang dengan baik.

4. Fungsi adaptasi

Fungsi terakhir adalah adaptasi. Melalui PAUD, anak dibantu melakukan adaptasi ke lingkungan rumah maupun di sekolah. Anak tidak takut lagi jika bertemu dengan orang lain di lingkungannya, bahkan mereka tidak segan melakukan adaptasi.

Itulah beberapa fungsi Pendidikan Anak Usia Dini. Untuk lebih yakin lagi memberikan pendidikan PAUD kepada anak, sebaiknya anda mengetahui pentingnya melakukan pendidikan anak usia dini.

Pentingnya Melakukan Pendidikan anak usia dini

Terkadang orang menyepelekan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini tidak wajib bagi anak. Padahal pendidikan tersebut sudah menjadi komitmen dunia. Buktinya terdapat beberapa komitmen dunia yang salah satunya telah diungkapkan komitmen Jomtien Thailand (1990) yang menyatakan pendidikan itu diberikan sejak lahir hingga menjelang ajal. Oleh karena itu PAUD begitu penting untuk dilakukan.

Berikut merupakan alasan kenapa pentingnya dilakukan Pendidikan Anak Usia Dini.

  1. PAUD dilaksanakan selama masa golden age. Pada masa ini, otak anak mengalami tahapan perkembangan sampai 80%. Pendidikan yang diberikan saat golden age bisa mempercepat perkembangan otak.
  2. PAUD memberikan pembinaan anak sejak dini untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan kesehatan yang memberikan dampak baik terhadap produktivitas, prestasi belajar serta etos kerja.
  3. PAUD membantu orangtua mengetahui kepribadian anak sejak dini. Selain itu, PAUD juga membantu dalam menampakkan bakat dan minat anak terhadap sesuatu.
  4. Anak yang menempuh PAUD di umur 0 sampai 6 tahun bisa mencapai keberhasilan berupa prestasi di sekolah.

Baca Juga : Jangan Salah! Berikut Tips Memilih Game Android Yang Baik Untuk Anak-Anak

Itulah alasan kenapa Pendidikan Anak Usia Dini penting sekali diberikan kepada anak. Sebagai orangtua semestinya Kita memberikan pendidikan terbaik untuk anak sejak dini, supaya mudah dalam menggapai keberhasilan di masa depannya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.