Jangan Sepelekan Peran Orang Tua Bagi Pendidikan Anak, Terutama Di Era Globalisasi

peran orang tua bagi pendidikan anak

Info Menarik – Anak sudah sekolah jadi bisa santai, begitu kira-kira kalimat yang sering kita dengar dari ibu-ibu. Sangat disayangkan memang masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan hanya sebatas pergi ke sekolah saja. Lebih memprihatinkan lagi mereka berpikir pendidikan hanya tanggung jawab guru. Padahal peran orang tua bagi pendidikan anak sangatlah penting.

Sekolah dan guru hanyalah bagian dari pendidikan bukan segala-galanya dan satu-satunya bagi anak. Terlebih sebenarnya anak ketika sekolah sudah membawa value atau nilai dari rumah yang diajarkan oleh orang tuanya. Tanggung jawab guru dan sekolah kepada pendidikan anak hanyalah bersifat kuantitatif yang nantinya akan dituangkan dalam hasil belajar berupa raport.

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang bagus dalam bidang akademis tetapi adab dan etika juga tidak boleh dilupakan. Itulah mengapa peran orang tua bagi pendidikan anak menjadi penting agar tercipta generasi unggul. Lalu apa saja sebenarnya peranan orang tua dalam menunjang pendidikan anak? Berikut ini adalah penjelasannya.

Berikut 7 Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

1. Memilih Sekolah Sesuai Minat dan Karakter Anak

Bagaimanapun seharusnya orang tua adalah pihak yang paling mengerti dan mengenali bagaimana karakter anaknya. Orang tua jugalah yang semestinya memahami apa yang menjadi ketertarikan anak atau minatnya. Karena dari sejak lahir hingga saat ini orang tua adalah pihak yang selalu berada di samping anak dan mendampingi perkembangannya.

Orang tua yang peduli dan mengenal dengan baik bagaimana anaknya pasti mengetahui apa yang sesuai dengan karakter dan minatnya. Termasuk dalam memilihkan sekolah bagi anak. Disinilah peran orang tua bagi pendidikan anak dibutuhkan. Orang tua sebaiknya bisa memilihkan tempat sekolah yang tepat dan sesuai dengan minat serta karakter anak agar mereka bisa berkembang.

Bersekolah di tempat yang sesuai dengan minat dan karakternya juga akan membuat anak senang. Dari rasa senang tersebut mereka akan rajin ke sekolah dan belajar dengan penuh semangat. Jadi sebelum memasukkan anak ke sebuah sekolah sebaiknya orang tua melakukan survei mencari informasi tentang metode belajar misalnya atau jenis ekstrakurikuler.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Berikut 6 Tips Memilih Sekolah Yang Terbaik Untuk Anak

2. Memberikan Fasilitas dan Memenuhi Kebutuhan Sekolah Anak

Anak mulai bersekolah itu artinya Anda juga harus menyiapkan materi yang cukup. Bagaimanapun agar bisa berprestasi di sekolah anak membutuhkan fasilitas yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Yang paling mudah katakanlah orang tua harus menyediakan buku-buku dan alat tulis lainnya. Tapi jangan menganggap bahwa peran orang tua bagi pendidikan anak hanya sebatas hal tersebut.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.