Home / Pendidikan / Jangan Sepelekan Peran Orang Tua Bagi Pendidikan Anak, Terutama Di Era Globalisasi

Jangan Sepelekan Peran Orang Tua Bagi Pendidikan Anak, Terutama Di Era Globalisasi

peran orang tua bagi pendidikan anak

Info Menarik – Anak sudah sekolah jadi bisa santai, begitu kira-kira kalimat yang sering kita dengar dari ibu-ibu. Sangat disayangkan memang masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan hanya sebatas pergi ke sekolah saja. Lebih memprihatinkan lagi mereka berpikir pendidikan hanya tanggung jawab guru. Padahal peran orang tua bagi pendidikan anak sangatlah penting.

Sekolah dan guru hanyalah bagian dari pendidikan bukan segala-galanya dan satu-satunya bagi anak. Terlebih sebenarnya anak ketika sekolah sudah membawa value atau nilai dari rumah yang diajarkan oleh orang tuanya. Tanggung jawab guru dan sekolah kepada pendidikan anak hanyalah bersifat kuantitatif yang nantinya akan dituangkan dalam hasil belajar berupa raport.

Setiap orang tua pastinya ingin memiliki anak yang bagus dalam bidang akademis tetapi adab dan etika juga tidak boleh dilupakan. Itulah mengapa peran orang tua bagi pendidikan anak menjadi penting agar tercipta generasi unggul. Lalu apa saja sebenarnya peranan orang tua dalam menunjang pendidikan anak? Berikut ini adalah penjelasannya.

Berikut 7 Peran Penting Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

1. Memilih Sekolah Sesuai Minat dan Karakter Anak

Bagaimanapun seharusnya orang tua adalah pihak yang paling mengerti dan mengenali bagaimana karakter anaknya. Orang tua jugalah yang semestinya memahami apa yang menjadi ketertarikan anak atau minatnya. Karena dari sejak lahir hingga saat ini orang tua adalah pihak yang selalu berada di samping anak dan mendampingi perkembangannya.

Orang tua yang peduli dan mengenal dengan baik bagaimana anaknya pasti mengetahui apa yang sesuai dengan karakter dan minatnya. Termasuk dalam memilihkan sekolah bagi anak. Disinilah peran orang tua bagi pendidikan anak dibutuhkan. Orang tua sebaiknya bisa memilihkan tempat sekolah yang tepat dan sesuai dengan minat serta karakter anak agar mereka bisa berkembang.

Bersekolah di tempat yang sesuai dengan minat dan karakternya juga akan membuat anak senang. Dari rasa senang tersebut mereka akan rajin ke sekolah dan belajar dengan penuh semangat. Jadi sebelum memasukkan anak ke sebuah sekolah sebaiknya orang tua melakukan survei mencari informasi tentang metode belajar misalnya atau jenis ekstrakurikuler.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Berikut 6 Tips Memilih Sekolah Yang Terbaik Untuk Anak

2. Memberikan Fasilitas dan Memenuhi Kebutuhan Sekolah Anak

Anak mulai bersekolah itu artinya Anda juga harus menyiapkan materi yang cukup. Bagaimanapun agar bisa berprestasi di sekolah anak membutuhkan fasilitas yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Yang paling mudah katakanlah orang tua harus menyediakan buku-buku dan alat tulis lainnya. Tapi jangan menganggap bahwa peran orang tua bagi pendidikan anak hanya sebatas hal tersebut.

Masih ada hal dan faktor di luar peralatan sekolah yang juga harus disiapkan sejak awal oleh orang tua. Sebagai contoh adalah transportasi untuk berangkat dan pulang sekolah. Terlebih jika jarak sekolah cukup jauh dan orang tua harus bekerja, bagaimana sistem yang akan dilakukan mengatasi persoalan antar jemput anak. Lancarnya perjalanan ke sekolah akan berpengaruh pada hasil belajar anak.

Anak yang sudah merasa kelelahan di perjalanan akan cenderung malas dalam mengikuti pelajaran. Begitu juga ketika sudah di rumah mereka akan malas untuk belajar. Memberikan fasilitas dan memenuhi kebutuhan sekolah anak bukan hanya untuk sesuatu yang berlaku saat ini saja melainkan juga di masa mendatang. Menyediakan asuransi adalah contoh peran orang tua bagi pendidikan anak.

3. Mendampingi Anak Saat Belajar

Sekarang ini memang banyak anak yang mengikuti les di luar jam sekolah tetapi bukan berarti tugas orang tua selesai. Saat anak sedang mengerjakan PR atau belajar di rumah temani dan dampingi mereka. Maksudnya adalah agar anak bisa bertanya kalau ada materi pelajaran yang belum mereka pahami. Pada saat anak membutuhkan adalah hal terbaik yang bisa diberikan orang tua.

4. Memberikan Motivasi Pada Anak

Peran orang tua bagi pendidikan anak salah satunya adalah sebagai motivator. Ada kalanya anak merasa tidak yakin mengerjakan tugas sekolah yang sulit, orang tua bisa mengatakan agar mereka tidak takut salah. Orang tua jugalah yang harus memberikan motivasi pada anak untuk rajin belajar agar bisa mewujudkan cita-cita. Ini akan membuat anak merasa didukung dan tidak ditinggalkan oleh orang tuanya.

5. Memberikan Kenyamanan untuk Belajar

Rumah adalah tempat anak melakukan aktivitas setelah jam sekolah selesai termasuk belajar. Jangan biarkan anak Anda lebih senang berada di luar rumah dan bermain dengan teman-temannya tanpa kenal waktu. Hal tersebut terjadi biasanya karena anak merasa kurang nyaman berada di dalam rumah sehingga lebih suka di luar.

Buat dan ciptakan suasana rumah yang nyaman dan membuat anak betah di dalamnya. Dengan begitu mereka akan senang hati melakukan banyak hal di rumah termasuk belajar. Memberikan rasa nyaman bagi anak saat belajar di rumah adalah bagian dari peran orang tua bagi pendidikan anak yang tidak bisa dianggap enteng.

6. Mencurahkan Kasih Sayang dan Perhatian

Sekolah memang tempat belajar anak selama 8 jam atau lebih dan guru adalah pengganti orang tua disana. Tetapi ketika anak sudah selesai dengan jam sekolah mereka akan pulang ke rumah dan membutuhkan orang tuanya. Bentuk perhatian dan kasih sayang orang tua yang mendukung pendidikan anak contohnya adalah memberikan solusi pada kesulitan mereka seperti memanggil guru les ke rumah.

7. Mengajarkan Etika dan Budi Pekerti

Pintar secara akademik namun nol etika hanya akan membuat anak tidak disukai oleh siapapun. Kepintaran tanpa adab dan budi pekerti hanya akan membuat orang tidak bisa diterima di lingkungan manapun. Disinilah peran orang tua bagi pendidikan anak yaitu dengan mengajarkan tentang etika dan budi pekerti sejak dini.

Yang paling sederhana misalnya mengajarkan anak bagaimana cara bersikap yang baik pada orang yang lebih tua seperti guru misalnya. Termasuk juga dalam bergaul dengan teman-teman di sekolahnya. Pendidikan etika dan budi pekerti yang baik yang diajarkan orang tua kepada anak akan membuat mereka memiliki kepribadian yang baik.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter Upaya Membentuk Generasi Yang Berkualitas

Perpaduan antara nilai akademis tinggi dan etika serta karakter yang bagus tentunya akan membuat anak menjadi generasi unggul. Dan itu adalah bukti bahwa peran orang tua bagi pendidikan anak tidak boleh dianggap sepele.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.