Home / Pendidikan / Tips Belajar Efektif Dan Efisien Paling Utama Menurut Penelitian Ahli Psikologi

Tips Belajar Efektif Dan Efisien Paling Utama Menurut Penelitian Ahli Psikologi

Tips Belajar Efektif Dan Efisien

Info Menarik – Tips belajar efektif menurut ahli psikologi di bawah ini akan membuat Anda bisa menyerap ilmu dengan mudah. Belajar memang telah menjadi kewajiban semua umat manusia. Bukan hanya belajar di jenjang sekolah, namun belajar hal apa saja yang membuat manusia belum tahu menjadi tahu.

Baca Juga : 8 Cara Belajar Efisien, Efektif Sehingga Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan

Namun dalam tulisan ini, yang dimaksud dalam belajar adalah belajar untuk siswa yang masih sekolah, entah dari SD maupun kuliah. Akan tetapi kegiatan sering dirasa tidak menyenangkan meski sudah dilakukan setiap hari. Mindset inilah yang membuat kegiatan belajar tidak efektif. Maka dari itu, yuk simak tips belajar paling efektif menurut psikolog di bawah ini.

Tips Belajar Efektif dan Efisien Menurut Ahli Psikologi

1. Rasakan Kebutuhan untuk Belajar

Tips belajar efektif menurut ahli psikologi yang pertama adalah tanamkan dalam bawah sadar Anda bahwa Anda sendirilah yang butuh belajar. Kekuatan terbesar memang datang dari keinginan sendiri. Maka jika seseorang sudah sadar akan kebutuhannya untuk belajar, maka dia bisa menyerap ilmu dengan cepat.

Rasa kebutuhan akan belajar memang bisa memberi kekuatan pada seseorang karena dia akan belajar dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya pas mood sedang baik saja, namun setiap saat tanpa merasa malas-malasan. Jadi mulai sekarang, ubah mindset bahawa belajar merupakan sebuah kebutuhan.

2. Belajar di Tempat yang Nyaman

Tips belajar paling efektif menurut ahli psikologi berikutnya adalah bahwa belajar butuh yang efektif membutuhkan tempat yang nyaman. Tidak dapat dipungkiri, bahwa tempat yang nyaman akan menjaga mood belajar Anda tetap membara.

Anda tentu tidak ingin belajar di tempat yang berisik yang malah akan mengganggu konsentrasi. Jadi jika ingin belajar yang efektif, pilih dan cari tempat belajar yang kondusif, nyaman dan tentunya Anda sukai.

3. Cicil Pelajaran

Tips belajar efektif menurut ahli psikologi selanjutnya adalah cicil pelajaran sedikit demi sedikit. Tidak bijak untuk melahap semua materi pelajaran dalam sekali sesi. Selain akan membuat capek, hal ini sama sekali tidak efektif dan malah akan mengganggu kemampuan otak untuk menyerap ilmu baru.

Jadi mulai sekarang praktekkan metode cicilan ini agar mudah menyerap materi. Jangan habiskan seluruh materi dalam 1 hari saja. Namun usahakan belajar sedikit demi sedikit yang paling penting kontinyu dan konsisten. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyerap segela jenis materi pelajaran.

4. Mengatur Waktu Belajar

Tips belajar efektif menurut ahli psikologi selanjutnya adalah dengan mengatur waktu belajar. Maksudnya Anda harus mengatur waktu Anda sebaik mungkin dan membuat target yang jelas.

Buat jadwal belajar sekaligus target untuk menentukan berapa hari yang Anda butuhkan untuk menguasai satu materi tertentu. Diharapkan dengan jadwal dan target yang jelas, kegiatan belajar akan lebih efektif dan rapi serta hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

5. Berdiskusi

Berdiskusi dengan kelompok bisa menjadi cara belajar yang sangat efetif. Memang gaya belajar setiap orang berbeda. Ada yang lebih suka menyendiri ketika belajar, dan ada yang suka ramai-ramai bertukar pikiran dengan kawan-kawan.

Jika Anda masih belum mengerti gaya belajar mana yang cocok untuk Anda, maka bisa mencoba untuk berdiskusi dengan teman sekelas. Berdiskusi memang memiliki manfaat yang banyak, salah satunya Anda bisa bertukar pikiran dan ilmu dengan orang lain. Jadi jika Anda merasa lebih mudah menyerap pelajaran, maka berdiskusi bisa menjadi cara paling efektif untuk belajar.

6. Cari Cara yang Membantu Konsentrasi

Tips belajar efektif menurut ahli psikologi selanjutnya adalah dengan mencari cara yang bisa mendongkrak konsentrasi Anda. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Ketika belajar, lakukan sesuatu yang mungkin bisa memperkuat konsentrasi Anda. Hal ini tentu akan mendongkrak konsentrasi sehingga materi pelajaran lebih cepat dikuasai.

7. Pahami, Jangan Menghafal

Tips belajar paling efektif menurut ahli psikologi selanjutnya adalah dengan berusaha memahami pelajaran, bukan hanya menghafalnya. Hafal saja belum menjamin bahwa Anda paham, sebaliknya jika Anda paham bisa dipastikan Anda hafal.

Hafalan memang efektif untuk keperluan jangka pendek semisal untuk ujian dan tes. Namun jika Anda ingin hasil dengan jangka yang panjang, maka usahakan Anda harus memahami materi pelajaran tersebut. Karena jika hanya hafal Anda akan langsung lupa begitu ujian/ulangan berlalu. Jadi belajar itu bukan hanya untuk ujian/ulangan saja.

8. Malu Bertanya Sesat di Jalan

Tips belajar efektif selanjutnya adalah jangan sungkan untuk bertanya jika Anda menemukan kesulitan dalam belajar. Jika Anda merasa mentok dan buntu tanyalah kepada sosok yang lebih paham, bisa guru atau teman. Jangan takut dicap orang bodoh ketika mau bertanya, karena pada dasarnya orang itu bodoh ketika dia belum mengetahui suatu ilmu.

9. Jangan Pernah Menyerah

Jangan pernah menyerah adalah tips belajar efektif dari psikolog yang harus Anda praktekkan. Jangan biarkan kegagalan sekali membunuh semangat Anda dalam menguasai materi pelajaran. Bahkan dari kegagalam tersebutlah Anda bisa belajar dengan efektif karena jadi tahu dimana letak kesalahan Anda.

10. Sukai Mata Pelajaran

Rasa cinta akan pelajaran akan memberikan motivasi tersendiri bagi sesorang untuk menguasai pelajaran tersebut. Jadi agar kegiatan belajar Anda lebih efektif, usahakan untuk menyukai semua mata pelajaran. Jangan bedakan antara satu pelajaran dengan yang lain karena semua pelajaran adalah penting.

11. Manfaatkan Fasilitas yang Tersedia

Di era digital ini tentu banyak media yang bisa menunjang kegiatan belajar Anda lebih efektif, misalnya saja internet, video hingga televisi. Jadi tidak cukup hanya buku pelajaran dan kumpulan soal saja. Jadi manfaatkan canggihnya teknologi ini untuk menguasai pelajaran seefektif mungkin.

12. Buat Kesimpulan

Membuat kesimpulan pada setiap materi pelajaran juga dapat membantu kegiatan pelajaran lebih efektif. Buat review dan kesimpulan ringkas untuk membacanya berulang kali agar lebih cepat tersimpan dalam otak. Jangan lupa juga untuk rajin mengerjakan soal, karena latihan akan membuat Anda semakin memahami sebuah materi pelajaran.

Baca Juga : 7 Tips Belajar Yang Efektif Tidak Ada Salahnya Untuk Anda Coba

Demikianlah tips belajar efektif menurut para ahli psikolog yang harus segera dipraktekkan. Cobalah tips-tips belajar di atas untuk kegiatan belajar yang mudah, efektif dan menyenangkan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.