Home / Pendidikan / 5 Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Yang Meski Dilakukan Sejak Dini

5 Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Yang Meski Dilakukan Sejak Dini

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Untuk Buah Hati – Anak merupakan buah hati orangtua yang harus diberi pendidikan terbaik. Jangan sampai anak tidak mendapatkan pendidikan, karena dapat mempengaruhi masa depannya. Orangtua selalu menginginkan agar anak melakukan pendidikan yang berkualitas tetapi, sayangnya semakin berkualitas sekolahnya maka biaya pendidikannya mahal. Orangtua tidak boleh mengkhawatirkannya karena bisa melihat tips mempersiapkan biaya pendidikan anak.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Karakter Upaya Membentuk Generasi Yang Berkualitas

Seberapa besar biaya pendidikan anak, pastinya orangtua bisa mencarikannya. Terkadang beberapa orangtua kewalahan terhadap biaya pendidikan yang terlalu tinggi, hingga akhirnya terpaksa orangtua menyekolahkan anak disekolah kurang berkualitas. Hal ini tidak boleh terjadi kepada Anda, sebaiknya biaya pendidikan Anda rencanakan mulai sekarang juga. Untuk mempermudah Anda, lihatlah tips mempersiapkan biaya pendidikan.

Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Yang Harus Dilakukan Sejak Dini

Sebelum mengalami krisis keuangan dalam keluarga, sebaiknya Anda menabung mempersiapkan dana pendidikan anak. Anda mengetahui sendiri bahwa dana pendidikan anak sangatlah besar. Belum lagi jika anak meneruskan jenjang pendidikan hingga S1, S2 dan S3, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai miliaran rupiah. Jangan terlalu dipikirkan kalau biaya pendidikan itu mahal, lebih baik fokus saja menabung untuk persiapan masa depan anak.

Berikut merupakan tips mempersiapkan biaya pendidikan yang dapat Anda lakukan.

1. Menghitung biaya pendidikan secara rinci

Biaya pendidikan setiap tahun terus meningkat. Biaya pendidikan tidak boleh disepelehkan, karena itu Anda bisa memulai mengumpulkannya dengan menabung. Sebelum menabung, hitung terlebih dahulu biaya pendidikan. Data biaya yang akan dikeluarkan waktu anak sekolah PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan kuliah. Setelah itu kalkulasikan biayanya sesuai dengan kenaikan tiap tahunnya. Jika sudah ketemu maka mulailah mengatur untuk menyisihkan uang pendidikan anak. Lebih baik menabung secara rutin setiap bulan agar di masa depan, Anda tidak kesulitan dalam mempersiapkan dana pendidikan.

2. Meninjau kembali dana yang dimiliki

Apabila Anda rajin melakukan investasi, sebaiknya tinjau kembali dana investasi yang Anda miliki. Perkirakan bahwa dana tersebut cukup untuk sekolah anak pada kurun waktu 10 tahun ke depan. Periksa seluruh aset, tabungan, dan investasi lainnya dengan teliti. Bila perlu catat berapa nilai setiap aset maupun investasi, kemudian kalkulasikan hasilnya. Saat hasilnya cukup maka, Anda bisa tenang karena dana pendidikan telah terpenuhi.

3. Teliti dalam melakukan investasi pendidikan

Orangtua sering melakukan investasi dengan menggunakan dana pendidikan anak. Alasannya agar uangnya tidak mubazir dibiarkan begitu saja. Tips mempersiapkan biaya pendidikan boleh dengan cara investasi, asalkan investasinya yang pasti-pasti saja. Pilihlah perusahaan investasi yang terpercaya. Sebelum melakukan investasi, Anda harus memastikan bahwa mendapatkan pendapatan yang sesuai. Pendapatan investasi nantinya akan dipakai untuk dana pendidikan. Contoh beberapa perusahaan investasi terpecaya yaitu investasi saham, obligasi, dana perwalian, dan reksadana.

Investasi pendidikan sebaiknya tidak dilakukan pada satu perusahaan saja. Untuk mengantisipasi terjadinya inflasi, minimal Anda berinvestasi ke tiga perusahaan. Bila satu investasi mengalami penurunan maka, masih ada investasi lainnya.

4. Menghitung kekurangan biaya pendidikan

Tips mempersiapkan biaya pendidikan berikutnya yaitu menghitung kekurangan tabungan. Maksudnya yaitu setiap tabungan pasti ada kurangnya, sebelum dipakai pastikan bahwa berapa kekurangan tabungan biaya pendidikan anak Anda. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan tabungan tambahan untuk menutupi kekurangan. Perhatikan betul kekurangan tabungan pendidikan ini, agar Anda tidak kesusahan jika membutuhkannya.

5. Membatasi pengeluaran yang tidak diperlukan

Menabung biaya pendidikan tidak boleh ditawar. Misalnya setiap bulan Anda menyisihkan uang 500 ribu untuk biaya pendidikan namun, bulan ini ada diskon baju besar-besaran sehingga Anda tidak menyisihkan uang. Hal tersebut sebaiknya tidak Anda lakukan. Lagipula membeli baju secukupnya saja, tidak perlu sampai menghabiskan jatah tabungan pendidikan.

Sebisa mungkin Anda membatasi pengeluaran. Belilah kebutuhan yang diperlukan saja, jangan menghambur-hamburkan uang hanya untuk keperluan yang tidak penting.

Baca Juga : Apa Itu Pendidikan Non Formal? Lengkap Dengan Tujuan Berikut Contohnya

Demikian tips mempersiapkan biaya pendidikan yang dapat dilakukan oleh Anda. Cara di atas terlihat rumit namun ketika dijalankan hasilnya biasa saja. Paling penting Anda tetap fokus menabung untuk dana pendidikan anak. Sebisa mungkin sisihkan uang setiap bulan. Setelah itu lihatlah 10 tahun kemudian, biaya pendidikan anak sudah terkumpul. Anda juga tidak perlu bingung karena biaya pendidikannya telah siap.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.