Home / Pendidikan / Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah? Jangan Pesimis, Coba Bujuk Dengan Cara Ini!

Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah? Jangan Pesimis, Coba Bujuk Dengan Cara Ini!

Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah – Anak merupakan buah hati yang paling berharga. Selama pertumbuhannya, Kita selalu memperhatikannya dan memberikan yang terbaik untuk anak. Salah satu hal yang harus Kita perhatikan adalah pendidikan anak. Berikan pendidikan terbaik supaya mereka dibekali ilmu yang bermanfaat untuk kehidupannya. Akan tetapi sebagian besaranak rewel tidak ingin sekolah, hal ini justru membuat orang tua pusing karena tidak tahu harus melakukan apa.

Baca Juga : Penting! 7 Rahasia Cepat Adaptasi Di Sekolah Baru Bagi Peserta Didik

Kebanyakan anak rewel tidak ingin sekolah disebabkan oleh liburan yang terlalu lama, sehingga mereka inginnya bermain terus menerus. Apabila anak rewel tidak ingin sekolah, Anda harus mencari tahu bagaimana cara untuk membujuknya supaya mereka semangat untuk masuk sekolah kembali.

6 Cara Membujuk Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah

Ada beberapa faktor penyebab anak rewel tidak ingin sekolah diantaranya yaitu malas, tidak menyukai lingkungan belajarnya, ingin terus bermain di rumah dan kondisi emosional dari anaknya sendiri. Bila anak Anda rewel maka sebaiknya bujuk dengan cara seperti berikut.

1. Tanyakan permasalahan yang dihadapi oleh anak

Setiap anak memiliki masalah pribadi yang berbeda-beda. Hanya saja anak tidak bisa mengutarakan masalahnya sehingga melampiaskannya dalam bentuk kegiatan seperti mogok sekolah. Ketika mereka mogok sekolah, jangan memarahinya ataupun melakukan hal yang membuat anak takut. Langkah pertama adalah menanyakan kepada anak tentang masalah yang dihadapi. Saat bertanya alangkah baiknya jika Anda tidak mendesaknya. Tanyakan secara santai hingga anak mau menceritakan permasalahannya.

Terkadang anak tidak ingin menjelaskannya secara detail namun, Anda bisa mendapatkan semua jawaban yang diinginkan dengan cara melakukan tanya jawab “yes” atau “No”.

2. Membujuk anak

Semua anak menyukai hadiah, meskipun hadiahnya kecil tetapi mereka tetap menyukainya. Nah kesempatan bagus untuk Anda yang anaknya mogok sekolah bisa membujuknya dengan memberikan hadiah. Bicarah kepada anak kalau tidak sekolah maka, tidak mendapatkan hadiah. Beritahu hadiah apa saja yang akan diberikan supaya mereka tertarik dan akhirnya ingin pergi sekolah.

3. Mendorong anak supaya bisa melawan ketakutan

Sebagian besar anak mogok sekolah dikarenakan mereka takut terhadap lingkungan belajarnya. Mungkin ada guru yang galak, teman yang jahil ataupun hal menakutkan lainnya. Anak merasa kurang suka dan tidak nyaman sehingga malas pergi ke sekolah. Jika anak sudah menceritakan ketakutannya kepada Anda, langkah yang harus diambil adalah mendorong mereka supaya dapat melawan ketakutan. Bila cara tersebut kurang ampuh, Anda bisa mengalah terlebih dahulu kemudian menemaninya ke sekolah agar anak mau belajar.

4. Melakukan kerjasama dengan guru

Cara mengatasi anak rewel tidak ingin sekolah berikutnya yaitu Anda dapat bekerja sama dengan guru. Pasalnya kerjasama yang dilakukan adalah untuk membujuk anak. Kerjasama dilakukan di luar jam sekolah. Mintalah guru wali kelas datang ke rumah, kemudian bersama-sama membujuk anak. Cara ini sangat efektif karena telah banyak diterapkan dan terbukti berhasil.

5. Mengajak liburan

Anak mogok sekolah bisa saja dikarenakan terlalu capek dengan kegiatan sekolah dan les yang menjadi rutinitas melelahkan setiap harinya. Waktu istirahat anak jadi sedikit sehingga mereka tidak memiliki waktu bermain yang cukup. Bahkan terkadang hari libur pun mereka tidak dapat istirahat karena ada les tambahan. Jadi hal ini tidak boleh dibiarkan, tentu saja cara membujuk anak rewel tidak ingin sekolah karena faktor tersebut bisa mengajaknya liburan. Lakukan liburan ke beberapa tempat wisata untuk merefresh pikiran mereka.

6. Memberikan waktu luang kepada anak

Beberapa anak yang mogok sekolah ingin menghabiskan waktu bersama orang tuanya, karena mereka tidak mendapatkan waktu tersebut ketika hari libur sekolah. Permasalahan ini dikarenakan orang tua tidak memiliki waktu luang untuk bermain atau hanya sekedar berbicara kepada anak. Sejujurnya tidak mempunyai waktu untuk anak itu tidak baik, karena Anda bisa mengetahui sendiri bahwa mereka bisa saja mogok sekolah.

Baca Juga : 5 Fakta Tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yang Sukses Jadi Sekolah Andalan

Apabila semua cara membujuk anak rewel tidak ingin sekolah di atas sudah dijalankan tetapi mereka tetap tidak mau maka, Anda harus meminta bantuan kepada orang yang menguasai dalam perihal membujuk anak semperti tim konselordan psikolog.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.