Home / EPS-Topik Korea / 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula

100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula

100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula – Setelah paham (membaca dan menulis) dengan huruf Korea (Hangeul), selanjutnya mari kita belajar kosakata Bahasa Korea sehari-hari. Maksud Bahasa Korea sehari-hari disini adalah kosakata Bahasa Korea yang paling sering digunakan. Saya telah merangkumnya kedalam 100 kosakata saja yang menurut saya penting untuk dikuasai.

Baca Juga : Mudahnya Belajar Dengan Kosakata Bahasa Korea MP3

Sebelum menginjak ke materi 100 kosakata Bahasa Korea sehari-hari yang akan saya bahas kali ini, perlu diketahui kalau Bahasa Korea itu terbagi dua bagian. Di Korea ada bahasa halus (높임말 = dibaca nophimmal) dan bahasa akrab/kasar (반말 = dibaca panmal).

100-Kosakata-Bahasa-Korea-Sehari-hari-Untuk-Pemula

Biasanya bahasa halus ini digunakan kepada orang yang lebih tua atau jabatannya lebih tinggi. Sedangkan bahasa akrab/kasar digunakan bagi orang-orang yang lebih muda, teman akrab dan anak buahnya. Akan tetapi walaupun lebih muda atau jabatannya lebih rendah, belum tentu kita harus menggunakan bahasa akrab/kasar. Ketika pertama kali bertemu atau orangnya tidak dikenal, menggunakan bahasa halus adalah pilihan baik.

Contoh Bahasa Korea Bersifat Halus

안녕 하세요? dibaca “Annyeong haseyo” artinya (Apa kabar?).

안녕히 계세요 dibaca “Annyeonghi kyeseyo” artinya (Selamat tinggal).

안녕히 가세요 dibaca “Annyeonghi kaseyo” artinya (Selamat jalan).

고맙습니다 / 감사합니다 dibaca “Komapseumnida/Kamsahamnida” artinya (Terima kasih).

죄송합니다 / 미안합니다 dibaca “Choesonghamnida/Mianhamnida” artinya (Ma’af).

네 dibaca “Ne” artinya (Ya).

아니요 dibaca “Aniyo” artinya (Tidak/Bukan).

Contoh Bahasa Korea Bersifat Akrab/Kasar

안녕 dibaca “Annyeong” artinya (Apa kabar?).

잘 있어 dibaca “Chal isseo” artinya (Selamat tinggal).

잘 가 dibaca “Chal ga” artinya (Selamat jalan).

고마워 dibaca “Komawo” artinya (Terima kasih).

미안해 dibaca “Mianhae” artinya (Ma’af).

응 dibaca “Eung” artinya (Ya).

아니 dibaca “Ani” artinya (Tidak/Bukan).

Selain bersifat halus dan bersifat akrab/kasar, ada juga Bahasa Korea Formal dan Informal. Bahasa Korea Formal adalah bahasa yang digunakan untuk saat-saat yang bersifat formal (penting atau resmi). Mungkin kalau di Indonesia, bahasa Formal itu bahasa Yang Telah Disempurnakan (EYD). Contoh Bahasa Korea Formal seperti : 고맙습니다 dibaca “komapseumnida” artinya terimakasih. Dan biasanya Bahasa Korea Formal ini selalu diakhiri dengan kata 읍니디/읍니까.

Adapun Bahasa Korea Informal adalah bahasa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari, bahasa akrab, tapi bukan bahasa kasar. Pokoknya Bahasa Korea Informal ini, kebalikan dari bahasa Formal. Contoh Bahasa Korea Informal seperti : 고마워요 dibaca “komawoyo” artinya terimakasih. Biasanya Bahasa Korea Informal selalu diakhir dengan kata 오 dan 요.

Berikut 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari

Setelah memahami masing-masing jenis Bahasa Korea seperti yang diterangkan diatas, berikut daftar 100 kosakata Bahasa Korea sehari-hari. Bahasa Korea sehari-hari ini sangat cocok untuk pemula. Artinya yang baru mengenal Bahasa Korea.

  1. 안녕 하십니까 ? dibaca “Annyeong hasimnikka” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Formal.
  2. 안녕 하세요 dibaca “Annyeong haseyo” artinya (Apa kabar ?, Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, Selamat malam) Informal.
  3. 안녕히 가십시오 dibaca “Annyeonghi kasipsio” artinya (Selamat jalan) Formal.
  4. 안녕히 가세요 dibaca “Annyeonghi kaseyo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  5. 잘가요 dibaca “Chalgayo” artinya (Selamat jalan) Informal.
  6. 안녕히 계십시오 dibaca “Annyeonghi kyesipsiyo” artinya (Selamat tinggal) Formal.
  7. 안녕히 계세요 dibaca “Annyeonghi kyeseyo” artinya (Selamat tinggal) Informal.
  8. 안녕히 주무십시오 dibaca “Annyeonghi Chumusipsiyo” artinya (Selamat tidur) Formal.
  9. 안녕히 주무세요 dibaca “Annyeonghi Chumuseyo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  10. 잘자요 chal chayo dibaca “Chal chayo” artinya (Selamat tidur) Informal.
  11. 축하합니다 ! dibaca “Chukhahamnida” artinya (Selamat !) Formal.
  12. 축하해요 ! dibaca “Chukhahaeyo” artinya (Selamat !) Informal.
  13. 생일 축합니다 dibaca “Saengil chukhahamnida” artinya (Selamat ulang tahun) Formal.
  14. 생일 축하해요 dibaca “Saengil chukhahaeyo” artinya (Selamat ulang tahun) Informal.
  15. 새해복 많이 받으세요 dibaca “Saehaebok manhi padeuseyo” artinya (Selamat tahun baru) Informal.
  16. 즐거운 휴일 보내세요 dibaca “Chulgoun hyull poneseyo” artinya (Selamat berlibur) Informal.
  17. 실례합니다 dibaca “Sillyehamnida” artinya (Permisi) Formal.
  18. 여보세요 dibaca “Yeoboseyo” artinya (Hallo/untuk telepon) Informal.
  19. 예/네 dibaca “Ye/Ne” artinya (Ya) Informal.
  20. 아니오 dibaca “Anio” artinya (Tidak) Informal.
  21. 네, 있습니다 dibaca “Ne, Isseumnida” artinya (Ya, ada) Formal.
  22. 네, 있어요 dibaca “Ne, Issoyo” artinya (Ya, ada) Informal.
  23. 아니오, 없습니다 dibaca “Aniyo, opsemnida” artinya (Tidak, tidak ada) Formal.
  24. 아니오, 없어요 dibaca “Aniyo, opsoyo” artinya (Tidak, tidak ada) Informal.
  25. 물론 입니다 dibaca “Mullon imnida” artinya (Tentu saja) Formal.
  26. 감사합니다 dibaca “Kamsahamnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  27. 고맙습니다 dibaca “Komapseumnida” artinya (Terima kasih) Formal.
  28. 고마워요 dibaca “Komawoyo” artinya (Terima kasih) Informal.
  29. 천만에요 dibaca “Cheonmaneyo” artinya (Sama-sama) Informal.
  30. 미안합니다 dibaca “Mianhamnida” artinya (Ma’af) Formal.
  31. 미안해요 dibaca “Mianhaeyo” artinya (Ma’af) Informal.
  32. 죄송합니다 dibaca “Choesonghamnida” artinya (Mohon ma’af) Formal.
  33. 죄송해요 dibaca “Choesonghaeyo” artinya (Mohon ma’af) Informal.
  34. 괜찮습니다 dibaca “Kwenchanseumnida” artinya (Tidak apa-apa) Formal.
  35. 괜찮아요 dibaca “Kwaenchanayo” artinya (Tidak apa-apa) Informal.
  36. 알았습니다 dibaca “Arasseumnida” artinya (Sudah tahu) Formal.
  37. 알았어요 dibaca “Arassoyo” artinya (Sudah tahu) Informal.
  38. 알아요 dibaca “Arayo” artinya (Tahu atau Mengerti) Informal.
  39. 몰라요 dibaca “Mollayo” artinya (Tidak tahu atau Tidak mengerti) Informal.
  40. 아무것도 몰라요 dibaca “Amugeotdo mollayo” artinya (Sama sekali tidak tahu) Informal.
  41. 만나서 반갑습니다 dibaca “Mannaseo pangapseumnida” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Formal.
  42. 만나서 반가워요 dibaca “Mannaseo pangawoyo” artinya (Senang bertemu dengan Anda) Informal.
  43. 어떻게 지내습니다 ? dibaca “Eoteoke chinaeseumnida ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Formal.
  44. 어떻게 지내세요 ? dibaca “Eotteoke chinaeseyo ?” artinya (Bagaimana kabar Anda ?) Informal.
  45. 잘 지내습니다 dibaca “Chal chinaeseumnida” artinya (Kabar baik) Formal.
  46. 잘 지내요 dibaca “Chal chinaeyo” artinya (Kabar baik) Informal.
  47. 안좋습니다 dibaca “Anjoseumnida” artinya (Tidak baik) Formal.
  48. 안좋아요 dibaca “Anjoayo” artinya (Tidak baik) Informal.
  49. 어서 오십시오 dibaca “Eoseo osipsio” artinya (Selamat datang, Silahkan masuk) Informal.
  50. 어서 오세요 dibaca “Eoseo oseyo” artinya (Selamat datang) Informal.
  51. 들어 오십시오 dibaca “Teureo osipsio” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  52. 들어 오세요 dibaca “Teureo oseyo” artinya (Silahkan masuk) Informal.
  53. 또 만납시다 dibaca “Tto manapsida” artinya (Sampai bertemu lagi) Formal.
  54. 또 만나요 dibaca “Tto mannayo” artinya (Sampai bertemu lagi) Informal.
  55. 하세요 dibaca “Haseyo” artinya (Silahkan) Informal.
  56. 안돼요 dibaca “Andwaeyo” artinya (Tidak boleh atau Jangan) Informal.
  57. 하지마 ! dibaca “Hajima” artinya (Jangan !) Informal.
  58. 주세요 dibaca “Juseyo” artinya (Meminta) Informal.
  59. 빌려주세요 ? dibaca “Pillyeojuseyo” artinya (Boleh pinjam ?) Informal.
  60. 그래요 ! dibaca “Keuraeyo !” artinya (Begitu !) Informal.
  61. 위험해 ! dibaca “Wiheomhae” artinya (Bahaya !) Informal.
  62. 좋다 ! dibaca “Chotha” artinya (Bagus !) Informal.
  63. 안 좋다 ! dibaca “An chotha” artinya (Tidak bagus) Informal.
  64. 정말입니까 ? dibaca “Cheongmalimnikka” artinya (Benarkah ?) Formal.
  65. 그렇습니까 ? dibaca “Keuroseumnikka” artinya (Apa betul ?) Formal.
  66. 그래서 ? dibaca “Keuraeseo” artinya (Lantas ?) Informal.
  67. 그런데 …. dibaca “Keureonde” artinya (Ngomong-ngomong …).
  68. 게다가 …. dibaca “Kedaga” artinya (Lagipula …).
  69. 어머나 ! dibaca “Eomeona” artinya (Astaga !).
  70. 아마도 dibaca “Amado” artinya (Mungkin).
  71. 거짓말 ! dibaca “Keojitmal” artinya (Bohong !).
  72. 거짓말 하지마라 ! dibaca “Keojitmal hajimara” artinya (Jangan bohong !).
  73. 아이고 dibaca “Aigo” artinya (Aduh).
  74. 실망했어요 dibaca “Silmanghaesseoyo” artinya (Saya kecewa) Informal.
  75. 배고프다 dibaca “Paegopheuda” artinya (Perut saya lapar).
  76. 식사 하십시오 dibaca “Siksa hasipsio” artinya (Selamat makan) Informal.
  77. 식사 하세요 dibaca “Siksa haseyo” artinya (Selamat makan) Informal.
  78. 잘 먹었습니다 dibaca “Chal meogeosseumnida” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  79. 잘 먹었어요 dibaca “Chal meogeossoyo” artinya (Terimakasih [digunakan setelah makan]) Formal.
  80. 사람 살려 ! dibaca “Saram sallyeo” artinya (Tolong !).
  81. 기분이 좋아요 dibaca “Kibuni choayo” artinya (Perasaan saya senang) Informal.
  82. 기분이 나빠요 dibaca “Kibuni napayo” artinya (Perasaan saya tidak senang) Informal.
  83. 마음이 아파요 dibaca “Maeumi aphayo” artinya (Sakit hati) Informal.
  84. 저는 피곤헤요 dibaca “Cheoneun phigonheyo” artinya (Saya letih) Informal.
  85. 몸이 힘들어요 dibaca “Momi himdeureoyo” artinya (Badan saya capek) Informal.
  86. 저는 몸이 안좋아요 dibaca “Cheoneun momi anchoayo” artinya (Badan saya tidak enak) Informal.
  87. 형 dibaca “Hyeong” artinya (Kakak laki-laki bagi laki-laki).
  88. 오빠 dibaca “Oppa” artinya (Kakak laki-laki bagi perempuan).
  89. 누나 dibaca “Nuna” artinya (Kakak perempuan bagi laki-laki).
  90. 언니 dibaca “Eonni” artinya (Kakak perempuan bagi perempuan).
  91. 이모 dibaca “Imo” artinya (Tante).
  92. 사장님 dibaca “Sajangnim” artinya (Pak/Bu Presiden Direktur).
  93. 반장님 dibaca “Panjangnim” artinya (Pak/Bu Mandor).
  94. 다음에 술 한 잔 하자 … dibaca “Taeumme sul han jan haja” artinya (Kapan-kapan kita minum bareng ya …).
  95. 다음에 같이 밥 먹자 … dibaca “Taeumme kachi bap mokja” artinya (Kapan-kapan kita makan bareng ya …).
  96. 연락할게 … dibaca “Yeollakhalke” artinya (Akan Kabarin ya …)
  97. 시간 날 때 언제듣지 놀러 오세요 dibaca “Sigan nal tae eonjedeunji nolleo oseyo” artinya (Kalau ada waktu, kapan saja main ke rumah saya).
  98. 한턱내다 dibaca “Hantheok naeda” artinya (Traktir).
  99. 얼마나 해통하십니까 ! dibaca “Eolmana haetonghasimnikka” artinya (Turut berduka cita !).
  100. 천천히 많이 드세요 dibaca “Cheoncheoni mani deuseyo” artinya (Makanlah pelan-pelan).

Mungkin sementara 100 kosakata Bahasa Korea sehari-hari untuk pemulanya dicukupkan sekian saja. Sebetulnya bukan hanya 100 kosakata Bahasa Korea yang penting harus dikuasai. Jika dibahas disini mungkin tidak akan cukup. Jika masih kurang puas kosakata Bahasa Koreanya? Bisa dibaca pada link berikut :

  1. Kosakata Warna Bahasa Korea Untuk Pemula
  2. 200 + Kosakata Bahasa Korea Penting Untuk EPS-Topik
  3. 100 Kosakata Bahasa Korea Lanjutan Gratis Persiapan EPS-Topik

Saya harap dengan menguasai 100 kosakata Bahasa Korea sehari-hari yang saya bagikan ini, sedikitnya bisa membantu Anda dalam belajar Bahasa Korea. Jika ada yang kurang paham, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kotak komentar. Dan kalau saya tidak bisa menjawabnya, kemungkinan pengunjung lain bisa menjelaskannya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

142 comments

  1. koq faham banget dengan bahasa korea sih mas?
    saya saja mencoba membaca dikit eh dikepala udah muncul bintang tujuh

  2. kayak harus diingat satu satu mas…masalahnya belajar bahasa inggris aja masih belepotan…saya menyimak aja ya gan, terima kasih infonya.

  3. Aduh, yang kemarin aja belum tamat mas, sudah dikasih lagi, tapi ga apalah, ijin simpan dulu ya mas, maklum faktor U, jadi harus pelan-pelan belajarnya, apalag lihat hurufnya. :D Terimakasih mas atas sharingnya…

    • Iya mas memang kalau faktor U itu sulit sekali masuknya tapi gampang keluarnya ya? :D Ok simpan saja dulu mas.

  4. Pusing juga ya ngapalinnya :d

  5. Annyeong haseyo mas

    kosa kata ini cocok bagi yang suka nonton film dan drama korea.. dan kosa kata dasar yang ingin traveling ke korea,, terima kasih mas nice posting.. adsense nya sudah keterima mas?

    • Ne Anyeong Haseyo mas …
      AdSense belum diterima juga mas, ntah kenapa mungkin saya belum bisa mencuri perhatian Google.

  6. sedikit sedkit diresapi ini kosa kata bahasa koreanya :) pengen bisa soalnya heehe

  7. 감사합니다 chenun yuliana dewi haryaty imnida annyhong hasimnikka

  8. Siti Nur Hanifah

    감사합니다

  9. putri kayana

    Mau tanya kalo kursus bahasa korea tuh emang menjamin orang itu bisa?
    Pengen ikut tapi masih ragu ragu….

    • Masalah menjamin bisa atau tidaknya tergantung kitanya yang belajar gan. Jika kita serius dalam belajarnya, akan membuahkan hasil yang menggembirakan …

  10. Feryska Fershlyn Erliaryska

    aduh… aku masih nggak paham gimana sih caranya.? kirain tinggal ngetik ‘Anyeonghaseo’ huruf koreanya muncul, eh ternyata huruf koreanya muncul tapi kok misah gitu ya..? gimana caranya biar nyambung..?

    • Supaya huruf Korea yang kita ketik jadi nyambung, maka jangan pakai spasi. Dicoba saja secara perlahan-lahan nanti juga akan terbiasa.

  11. Klo blom bisa ke korea, pgn maen ke buton dulu ke tempatnya suku cia cia pgn praktek langsung bahasa korea, klo cm bc2 doank lamaaa nyambungnya (maklum udah 1/4 abad umurnya)

  12. Adienda Bastra

    Waah.. harus lebih semangat ini mas. Semangatin dong mas.. masa dari dulu bisanya cuma nulis 안녕하세요 , 잘자요 mulu.. haha
    yang paling di hafal juga cuma 둘고기 karena emang doyan banget ama 둘고기 . Semangatin saya lah mas.. hewhew

  13. waaahh, gomawo bwt kosakata x, v kurng bnyk, tlng share lbh bnyk donk, :D, membntu bgt bwt org2 yg lg bljr bhs korea, trmsuk sya. Share jg susunan klmt x yah, hehe (bnyk mnta) :D,

  14. ayu larasati

    Bahasa korea mudah bwt di mengerti dan drama korea mantap seruh n menarik untuk di tonton.apalagi korea itu mampu menarik perhatian penontonnya

  15. Terimakasih ,infonya sangat,sangat,sangat,sangat membantu dan bermanfaat dan artikelnya sangat bagus dan menarik .semoga allah yang akan membalas kebaikan dan kedermawanan anda karna ibarat kata anda sudah membantu menyelamatkan orang-orang yg tak tau arah jalan pulang hahaha.pokoknya terima kasih banyak

  16. 고맙습니다.. ?. Artikelnya sangat menatik dan sangat mudah untuk dipelajari.. Ingin sekali bisa hangeul .
    Semangat dan terus belajar.. !!
    사랑해요 한 글?

  17. cara cepat spya bsa hapal semuanya itu gimana ms??
    udh dibaca berulang ulang kalau kata kata yang panjag belibet.

  18. nita aprilia

    lidah saya keseleo gara2 belajar bahasa korea…
    susah jg y pengucapan’a.. pusing sendiri dech jadi’a..

  19. bisa baca dan tulis nk g tau artine gmn.coale.yg.saya alami sprti itu.gimn carane biar paham semuany.ada cara cpat nggk biar cpet bisa hafal cmua kata2 dan artine

  20. 김 사 함 니 다 .. tinggal ngapalin kosakata.
    Nulis 항 을 nya dah faham
    Harus banyak berlatih&belajar. Thx

  21. 유홒요톺자ㅡ apa ertinya? maaf saya ngak ngerti bahasa korea makanya saya cuba d sini mungkin kalian bisa ajarin saya

  22. Keren, super duper keren,(y) ^_^ . Awalnya saya cuma mau tau apa arti kata yg teman saya kirim ke saya. Sangat bermanfaat !! Kamsahamida :)

  23. saya suka belajar bahasa korea..dan udah banyak tahu kosa katanya tapi saya punya kekurangan hafalin 20 kota kasa sdh hafal buat main atau tidur jadi lupa semuanya gmn caranya agar otak saya selalu ingat dan gk mudah lupa…감사합니다

    • Dilakukan penghafalan secara terus menerus sampai kosakata benar-benar hafal walaupun sudah kita bawa tidur. Tetap semangat dan semoga sukses!

  24. Annyeong haseyo…aq suka sekali bahasa korea apalagi serial dramanya….aq peKkngen bisa mohon bimbinganya……komapseumida…chotha….

  25. putri Zerlina

    Mas saya udah belajar berulang ulang kali terus saya udah hapal tapi kadang saya salah pelafalannya gimana tuh mas?biar saya ingat gmmn cara pelafalannya biar tidak ketuker?

  26. Anggi nurhidayah

    Gimana sih caranya membuat nama dlm bhs korea misalnya nama anggi
    Plis di jawab ya,..
    Makasih ya buat 100 kosa kata

  27. 안녕 하세요
    나는 Liani 임니다
    Artikelnya sangat membantu, soalnya aku lagi belajar bahasa Korea. Maklum aku seorang K-poper dan juga ELF(Fandom of Super Junior) jadi harus ngerti bahasa Korea…hehe
    감사합니다 ^^

  28. Sangat membantu. Terimakasih artikelnya.
    Lagi belajar bahasa korea nih. Soalnya suka nonton Drakor. Belajar tulisan koreanya yang belum.

  29. Annyeong^^

    Ini sangat membantuku dalam menambah pengetahuanku dalam berbahasa korea.

    Gomawo^^

  30. Jadi inget pacar saya, suka banget korea dan pasti ngomong ani sama Kamsahamnida. ngmong ngmong bahasa korea ini unik ya, mulai dari pelafalan sampai intonasi nya pun berbeda dengan bahasa bahasa saudaranya seperti china maupun jepang. Kalo saya sendiri lebih menyukai bahasa jepang… GENJIII!!! :D

  31. Assalamualaikum mas bro saya mau tanya kalo tempat belajar bahasa korea sekalian penyaluran buat ikut tes topik dimana ya khusus wilayah jawa tengah atau jakarta mohon infonya makasih,,,

    • Di Jawa Tengah mas bisa belajar Bahasa Korea di LPK SEJONG EDUCATION Jl. Aip Ks. Tubun No. 26 Rt. 03 Rw. 10 Kel. Pasarbatang Kec. Brebes Kab. Brebes Jateng.

  32. 안녕하세요 산생님.., kalau bhs. Kasar dan halus disatukan dlm satu kalimat sebenarnya boleh apa tidak ya

    • Masalah boleh atau tidak itu sebenarnya tidak ada yang melarang. Seperti bahasa Indonesia saja dalam percakapan sehari-hari bahwa kita jika bicara kasar tidak ada yang menyalahkan ko. Hal ini hanya etika saja.

  33. lawrence shintany maharati

    wah… ini sangat membantu buat saya untuk meperdalami lagi belajar bahasa korea dengan baik, puji Tuhan di sekolahan saya mau buka kuliah untuk ke korsel , doa Kan saya semoga di terima di sana

  34. Chota….Suka banget sama tulisan ini, jadi dikit2 ngerti waktu lg nonton drama korea hihihi. Komawoyo

  35. SENIWATI ZALUKHU

    Good Job Gua Akan Berbahasa Korea ,Semoga Gua Bisa Kesana Suatu Saat Nanti ,,, Ahhahah Sarangge Korea

  36. Kiki Anggita Rizkya

    wenyeol artinya apa sihh ??? udah serching2 di google masih ga ketemu juga
    suka korea mah udah lama, tapi belajar bahasanya baru2 aja
    jadi masih awam banget sama kata2nya

    Dijawab ya.. gamsahamnida

    • Mungkin maksudnya 왜요 (waeyo) artinya mengapa. Kalau “wenyeol” saya baru dengar mas kosakata seperti itu. Atau mungkin saja pembendaharaan kosakata saya yang kurang.

    • Wenyeol itu kayak “wooowww” . Coba aja nonton drama reply 1988 sering muncul kata2 itu. Mngkin itu kosakata gaul jaman dulu kali ya, kalo sekarang pakenya daebak..
      mungkin lo ya. Haha

  37. Lumayan pusing juga belajar B. Korea, untuk ucapan “terima kasih” saja ada 3 macam pengucapan yang berbeda.
    Komawoyo

  38. Sangat bermanfaat sekali Mas, khususnya bagi para Korea Lovers dan juga para Mahasiswa yang mendapat beasiswa belajar di Korea.
    Terima Kasih.

  39. Terima kasih sebelumnya,
    Saya mau bertanya untuk kata ‘Coesonhaiyo’ artinya apa ya???
    Mohon balasannya.

    • Saya baru dengar mas kosakata ‘Coesonhaiyo’ dan saya tidak tahu juga apa artinya. Silakan mas coba cari di Google Terjemahan!

  40. 고마워
    Ilmu saya jadi bertambah! Saya juga ingin sekali pergi ke korea, kota impian setelah mekkah. Doakan saya mas! Hehehe

  41. Sangat membantu sekali mas, saya sudah inget sebagian tp emg ada yg susah pelafalannya. yg pengen saya tanya, arti kata Chaebol itu apa yah??, mohon jwbannya.

  42. Kamsahamnida oppa, sangat membantu sekali buat nonton drama korea. Semoga juga dpat menambah kosa kata bhasa korea

  43. Bener2 membantu bgt!!
    Bru blajar 2 jam dah lumayan hpal kosa katanya.lanjut penghafalan tulisan hangulnya. .

  44. Artikelnya bagus menarik dan menambah kosakata saya dalam bahasa korea. Mas tolong share juga dong info full beasiswa ke korea kalau bisa jurusan pendidikan. Gomawo ^^

  45. Maaf bukannya jika”ㅂ”ada di bawah maka di baca “M”.contoh 사랑합니다, disana akan dibaca saranghamnida bukannya saranghabnida
    .jd tolong penjelasannya

  46. Annyeong haseyo..kamsahamnida artikelnx membantu banget mas,muat lebih banyk lg ya mas..biar klo pas liat drama korea tau artinx,soalnx drama korea jarng yg ad sub indonesianx si..

  47. Wah ada pembahasan tentang bahasa Korea dan kosakatanya banyak nih.. :D

    Ohya kabar terbaru nih, di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung katanya disana ada jurusan bahasa Korea.

    Tapi kurang tau, prospek kedepannya bagaimana kalau didunia kerja nanti :)

  48. mau tanya nih aku buka di situs ini di google.com kok ga bisa ya?
    pasti selalu error tapi klo langsung ke alamatnya kok ga
    apa ada yg saah dengan browser ku?

    • Maksudnya buka website atau blog mana ya yang tidak bisa dibuka dari search engine Google? Tolong diperjelas lagi pertanyaannya!

  49. Kris Wantoro

    안녕하세요 :) saya ada pertanyaan. Klo kata cokyo/cokio atau apalah yg jelas saya dengar katanya dari nonton film gini: “cokyo”yg artinya permisi,pelayan,petugas. Intinya ungkapan ingin bermaksud sesuatu. Trus manggil orang dgn sebutan ‘cokyo’ yg saya tanyakan. Utk tulisan koreanya gimana ya kata “cokyo” 정말 감사합니다 아저씨 :v

    • Yang saya tahu kalau 적요 seperti ini adalah “celana dalam pria” Entahlah kalau “cokyo” yang seperti yang mas maksud. Dan kalau “permisi” bahasa koreanya adalah 실례합니다. Untuk pelayan banyak sekali macamnya, apakah pelayan pemandu, pembimbing, peninjau, penjaga, dan sebagainya. Kalau pelayan di restoran biasanya orang Korea suka memanggil “이모” artinya “bibi”. Untuk “petugas” juga banyak macamnya, jika petugas saja bisa “장교”.

    • mungkin yg maksud 자기 (jagi) yg artinya “sayang, sweetie, honey, darling” yaitu untuk mengganti sebutan 당신 (dangsin) yg artinya “kamu” dalam bahasa sehari2 soalnya jarang digunakan. untuk info selengkapnya coba baca di blog ini deh hehe

    • Mungkin maksud anda “jeogiyo” yang buat permisi atau manggil orang itukan? Tulisan korenya itu “저기요” atau “저기” saja juga bisa😁

  50. komawoyo ya mas…yg bikin puyeng buat dipelajarin tulisannya kali ya..kalo bahasa koreanya bisa cepet bisa kalo rajin ngapalin. Kenapa ya klo sinetron korea di tv mesti didubbing ,kan bagus buat yg lg belajar bahasa korea.

  51. Noor Hazanah

    안녕하세요….나는 ibu hazanah(61). Seneng bgt ada 100kosa kata ini, sgt membantu eager saya utk bisa lancar baca tulis hangul dan artinya. Sjk setahun terahir saya drakor addicted plus OST nya smp hafal bbrp lagunya. .. 감사함니다

  52. Sangat membantu. Makasi!
    Saya dari dulu suka korea, mulai dari musik, film, ama budayanya semua saya suka.
    Makanya saya pengen bisa lancr berbahasa korea, mungkin suatu saat nanti saya tinggal disana. Kabulkan lah doa hamba ya Tuhan.

  53. Kakak bisa gak posting juga cara membuat nama korea dari nama indonesia mau dijadikan nama korea .. Itu caranya bagaimana kakak. Tolong di reply ya kak.

    • Untuk membuat nama kita dengan tulisan Hangeul atau huruf Korea, Anda harus sudah paham betul dengan huruf-huruf hangeulnya. Silakan lihat artikel ini atau artikel ini. Terimakasih semoga bisa membantu.

  54. Anyeong haseyo janeun erlina imnida janeun chuai hangeul. Aqw mau tanya artinya cigem itu apaya
    Pliss di jawab ya

    • Cigeum atau jigeum ditulis 지금 artinya adalah sekarang. Terima kasih sudah berkunjung salam sukses selalu!

  55. Aneong haseyo janeun erlina imnida janeun chuai hangeul . Àku sebenarnya udah bisa nulis hangeul aku juga bisa sedikit bahasa korea aqw sering ngeliat drama korea dan aqw suka dg semua kosa katanya
    Gumasimnida ,……

  56. syukur deh jdi tambah pengetahuan aku….aku sedikit sdikt bs bhsa korea bhakan aku pakai dlm obrolan shri”…

  57. Cara bacanya udh lancar mas dan mengartikannya udh lumayan ,tapi kelemahannya baca tulisan hangulny y sulit mas.

  58. Amsal Muhammad

    Mas cara menghafal korea biar lancar gimana ya mas? aku pengen bgt bisa ngerti bahasa korea tau mas :(

  59. Saya suka artikelnya , biasanya saya cuman dengerin difilm” doang ,, jadi salah” gitu hehehe , tp susah bnget hafalinnya

  60. Tq for this page..now I can speak in korean with my friends from korea when they come here next time♥♥

  61. hallo, salam kenal sebelumnya . bolehkah saya minta kontaknya admin , email atau alamat facebooknya? berhubung saya lg belajar bahasa korea , masih pemula. terima kasih sebelumnya :-)

  62. saya ngapalin sampe kebawa tidur sangking pengen bisa bahasa korea walaupun masih awal belajar tetap semangat :) karna insya allah saya tahun depan akan berangkat kesana

  63. Saya biasa selalu belajar bahasa korea sendiri. Saya tertarik dengan postingan anda. Saya ingin belajar banyak dari anda.

  64. cumz aashiqui

    asimita itu artinya apa siih,,,,akku nyobak carii gaaa ketemu ketemu. saya bingung dengan huruf2 nya itu loh,,,gmn ya supaya bisa bedain ???

  65. Erina Nurhanifah

    min, dalam penulisan misalnya Annyeong haseyo, kalo satu huruf satu huruf dieja kan gini, A=ㅏ nn=ㄴㄴ yeo=ㅕng=ㅇ ha=하 se=세 yo=ㅛ . Nah, kenapa pas digabung jadi gini 안녕하세요 alias ada huruf ㅇ diawal penulisan dan diakhir penulisan? Apa itu emang gitu darisananya apa gimana teorinya min?
    Terus cara penulisan kalimat dalam bahasa korea tuh emang ada cara penempatan khususnya gitu? Hehe maaf panjang panjang nanya, pengen ngerti soalnya takut salah merangkai kata min

    • Itu ada teorinya mab. Selengkapnya bisa dilihat pada artikel ini. Harus tahu dulu jenis-jenis huruf Korea dasar.

    • Iya itu ada teorinya, kalau tulis huruf Korea kita harus punya aturan, gak bisa kalau tulis vokal vokal. dalam penulisan Korea itu pasti selalu konsonan vokal konsonan vokal.. tapi kalau ketemu sama double konsonan itu bisa disebut konsonan ganda atau juga vokal ganda.. pokoknya asik deh belajar bahasa Korea :D :D

  66. Makaih, sangat berguna :) kalau gini seminggu 100 kosa kata dihafal, mungkin bisa fasih bahasa Koreanya :D pokoknya makasih ya udah bagi-bagi ilmu :) :)))

  67. gan huruf R itu selalu dibaca L ya ?
    Saya biasa selalu belajar bahasa korea sendiri. Saya tertarik dengan postingan anda. Saya ingin belajar banyak dari anda.

  68. cara membaca dan menulis bahasa korea adalah mudah namun untuk memahami ertinya sukar sedikit kerana perbezaan kosa kata dan arti. thanks to ur blog because give more words for me to remember .

  69. cara mengenal huruf nya gimana? susah banget :( terima kasih ini sangat membantu buat pemulaa tapi yang susahnya huruf” nya itu

  70. mas mau nanya, ini artinya apa? aku main game gak tau ini cluenya apa hehe
    [Hyeokmyeongdanui bimil immu] immu wanryo

  71. kak mau tanya kenapa tulisan hangeul kamsahamnida seperti ini 감사합니다 (kamsahabnida) bukan 감사함니다 (kamsahamnida) terimakasih

  72. Susah banget hafalinnya,jadi pusing
    Padahal pengen ke korea hehe,pengen pengen pengen…….. Banget!! (ga mungkin bisa ke korea) :v

  73. ayu fadhilah

    waw keren banget artikelnya pengenlah bisa ngomong bahasa korea cepat-cepat biar bisa ngomong langsung sama orang korea asli atau langsung ke negaranya terus

  74. Kamsahamnida oppa,,
    thankyou banget yaahh,,tetap semangat untuk bagi-bagi ilmunya hehehhe,,,
    semoga sukses
    ini bener-bener bantu aku banget soalnya aku pecinta korea drama hehe
    God luck,,

  75. Terima kasih sudah merangkum sebanyak itu. Lumayan buat pegangan saat nonton drama korea hehe. mungkin lain kali bisa di tambah atau di update lagi.

    Oiya, bahasa korea itu apa sama kaya jawa yang ada bahasa halus dan kasar?

  76. apa bahasa koreanya siapa nama kamu ?…
    sama di mana rumah kamu ?…
    dan apa bahasa indonesianya 천천히 많이 드세요 ?…

    • 이름이 무엇 입니까 atau 이름이 뭐 예요 = Siapa nama kamu/anda
      집이 어디예요 = Dimana rumah kamu/anda
      천천히 많이 드세요 = makanlah pelan-pelan

  77. Mas bedanya ㅈ dengan ㅊ apa ya . Kan sma sama lafalan ‘ch’. Apa ada ketentuannya dalam buat kalimat mngkin ?

  78. .Mau tanya Kak ? aku kan udah belajr hurufnya, pas baca kosa katanya ada yang aku bingung, kyak 안녕 하십니까 ? (Annyeong Hasimnikka ?) yang bagian ini 십 knpa hurf ㅂdibaca M ? bukn seharusnya huruf ini ㅁ (M) ? Mohon penjelsanya donk kak ” biar aku ngerti, krna aku mau belajar dari sini :D

  79. wah sangat bermanfaat mas..
    jangan lupa dikunjungi juga blo saya yah :

    salam.. :)

  80. jadi pengen belajar bahasa korea. boleh minta referensi situs belajar bahasa korea yang pas untuk pemula ga?

  81. Kalo “tanpa alasan” apa ya? Pengucapanñya semacam “keunyang” mirip2 itu lah, ga paham juga.. :D

    Biasanya obrolannya gini: Wae yo?
    Dijawab: “keunyang” < ntah gimana tulisannya yg bener.. Haha.. :p

  82. Gamsahamnida, udh ngerti bhs korea… Jadi gk perlu repot” lgi buat nghafal bhsnya.. Siapa tau aj besok aku ke korea..

  83. 안영^^ 감사해요, 당신의 기사 굉장히 좋아요. Aku suka banget belajar bahasa dan tulisan korea, ya walaupun susah tetap harus semangat😂 terimakasih artikelnya^^

  84. Dony iskandar

    Saya suka dengan drama korea tiap ada d tv aqu slalu nonton ga ketinggalan .apalagi sama aktor song hye kyo yang cantik itu…jadi pengen banget bisa bahasa korea dngan lancar biar bisa brangkat ke korea..:-):-)

  85. Thanks gan, gara-gara doi demen banget sama drama korea ane di cekokin suruh liat dari sana ane mulai suka sama bahasanya (sama pemain-pemainnya juga) bening bening gan :D

  86. gmna biar mudah meng hafal kosa kata
    .tolong bantuannya trik y gmna.
    soaly harus bagi waktu ma kerja.
    terimakasih

  87. saprila thana

    Mau tanya dong min. Aku bnyak referensi blajar bahasa korea cma ada beberapa kata yg berbeda. Misalnya “kamsahamnida”
    dan “gamsahamnida”. Yg bner yg mana sih ? Hehe ^^ 감사합니다

    • Tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah … Hehehe Jika merujuk ke aturan penempatan huruf Konsonan tersebut (ㄱ) adalah dimana setiap huruf Konsonan akan memiliki bunyi (huruf awal, huruf tengah, dan huruf akhir), dan huruf (ㄱ) adalah = bunyi awal (K) bunyi tengah (G) dan bunyi akhir (K). Kemudian pada kata “감사합니다” sangat jelas bahwa huruf (ㄱ) ada di awal, maka yang keluar adalah bunyi huruf awal juga yaitu (K).

      • saprila thana

        Oke min. Jadi mngkin penulisannnya yg “gamsahamnida” tpi bacanya “kamsahamnida”, gitu ya min ? Hehe

      • Cara Pengucapan nya itu gimanaya kak? Mksd sy, kl mandarin “da” berarti bunyi nya “ta”, misalkan sperti kalau korea gomawo dibaca nya komawo ataw gomawo?

  88. Kalo aku udah ngerti bahasa Korea, soalnya aku lahir di Korea :p
    tapi kalo lagi nonton drama korea gak pake Subtitle Indonesia, aku bingung juga, suka garuk-garuk kepala om :D hehehe…

  89. Sarahnizhamy

    Ka sebenernya itu arti terimakasih yg bnr komawo atau gomawo ? Aku sering liat nya gomawo . Terimakasihhhh

  90. Anandahusnagrafella

    bisa nyusun hangul tapi belum luas jugaa dalam bahasa korea. gatau bahasa koreanya ini apaa itu apaa jadi gimana mau nyusun hangulnya ㅠ.ㅠ . begimanapun makasiihh. sangat membantu(:

  91. Bambangprayitno

    Ya amyeong lihat huruf nya aja bingung apalagi menggabungkannya untuk jadi satu kalimat.😂 매우 현기증 😬 coba saja di dunia ini hanya ada satu bahasa wkkkk
    OK thanks min artikel nya.👌

  92. bahasanya informal sama formal nya kebanyakan susah mau menghapal nya… kalau di indonesia mah palingan forma “tidak” informal “gak” udah itu doang… hasemeleh hasemeleh

  93. 99. 얼마나 해통하십니까! (X) -> 얼마나 애통하십니까! (O)
    – dari orang korea yang lewat

  94. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga nih. Biar gak gengsi sama temen-temen di kelas. Hihi, biar tahu korea korea gitu

  95. Windy adeliani

    Permisi..
    Apa balasan utk orang yang mengucapkan terimakasih (dalam bahasa korea) kepada kita ya kak?

  96. Meskipun cara pengucapannya agak sulit tapi saya jadi semakin bersemangat untuk mempelajari bahasa Korea, thanks ya sudah berbagi ilmunya.

  97. Saya suka bahasa korea and apalagi dramany..pas dia lagi bcra bibirnya manyun2 terlihat imut:) …kamsahamnida ats bntuannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *