Home / WordPress / Cara Mudah Import Konten WordPress File XML Berukuran Besar (Split File XML)

Cara Mudah Import Konten WordPress File XML Berukuran Besar (Split File XML)

Cara Import Konten WordPress Ukuran Besar – Apakah Anda bingung ketika ditolak melakukan import file XML WordPress dengan alasan file terlalu besar? CMS WordPress sendiri sudah membatasi ukuran maksimal upload file XML di halaman Dashboard hanya sampai 2 MB saja. Jika kita melakukan upload file XML lebih dari 2 MB tentu saja akan ditolak. Lalu bagaimana caranya agar proses import XML lancar? Apakah harus mengubah limited upload menjadi unlimited, atau bagaimana? Kita tidak bisa mengubah batasan upload file XML tersebut di halaman Dashboard. Jika WordPress yang Anda gunakan adalah self hosted, tentunya bukan perkara yang sulit. Karena Anda bisa menempuh alternatif lain untuk import konten WordPress yaitu melalui cPanel Hosting. Namun bagaimana jika WordPress-nya adalah WordPress.com atau gratisan?

Baca Juga : Cara Pindah Hosting WordPress Dari WEB Hosting Lama Ke Hosting Baru

Buang jauh-jauh pikiran mengubah batasan upload di WordPress, karena percuma saja itu tidak akan bisa. Apalagi jika WordPress Anda adalah WordPress gratisan. Yang harus kita pikirkan sekarang adalah bisa melakukan import konten WordPress tanpa harus mengubah limited upload menjadi unlimited. Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan split file XML ukuran besar menjadi beberapa bagian.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-0

Sebetulnya tanpa melakukan split-pun kita bisa import file XML tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan export file XML WordPress yang disesuaikan dengan ukuran file agar tidak sampai ke angka maksimal 2 MB. Misal kita export file XML menjadi per-bulan. Jika umur blog satu tahun dan jika kita backup file XML seluruhnya berukuran 12 MB, maka jika kita export per-bulan akan menjadi 1 MB persetiap filenya.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-1

Namun bagaimana jika kita tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan export file XML per-setiap bulan? Masih mending jika umur blog 1 tahun, coba kalau 5 tahun. Tentunya akan menyita waktu kita dalam melakukan backup file XML per-setiap bulan. Apakah ada solusi terbaik demi lebih menghemat waktu? Tentu saja ada! Seperti yang sudah saya singgung diatas yaitu dengan melakukan split file XML menjadi beberapa bagian (part).

Berikut Cara Import Konten WordPress Ukuran Besar Dengan Cara Split File XML

Silakan Anda backup atau export seluruh konten WordPress (All Content) yang terdiri dari Post, Pages, Contact Forms, Custom Sliders, dan Media dari halaman Dashboard. Anda jangan khawatir file XML akan membengkak dari batasan import 2 MB. Karena disini saya akan memberikan trik jitunya.

Setelah Anda sukses melakukan export seluruh konten WordPress berapapun ukuran filenya, silakan Anda download dulu aplikasi The WXR File Splitter.

Download Software

Tenang software tersebut gratis ko dan ukuran The WXR File Splitter sangat kecil, hanya 53 KB saja. Aplikadi The WXR File Splitter adalah software untuk melakukan split file XML kita yang ukurannya terlalu besar.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan Anda tidak perlu menginstallnya ke komputer karena The WXR File Splitter sifatnya portable. Misal disini saya mempunyai file XML dengan ukuran 4,29 MB dan akan saya split menjadi 3 file XML.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-2

Buka aplikasi The WXR File Splitter kemudian Anda klik pilih tombol Open WXR File untuk mencari file XML yang akan kita split. Lihat pada pengaturan Step 2, WXR File Size adalah ukuran file XML Anda yang akan di split. Split File into Part of adalah ukuran maksimal batasan upload WordPress, yaitu 2 MB. Total Number of Files adalah jumlah split file XML, dimana dalam contoh ini saya akan membaginya menjadi 3 file saja. Setelah Anda menentukan pengaturan pada Step 1 dan Step 2 selanjutnya klik pilih tombol Split File dan aplikasi akan melakukan split.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-3

Kini file XML saya yang semula mempunyai ukuran 4,29 MB sudah dibagi menjadi 3 file. File pertama berukuran 1.9 MB, file kedua 1.8 MB dan file ketiga 589 KB. Tentunya semua ukuran tersebut sudah dibawah 2 MB dan kita sekarang sudah bisa mengupload file XML tersebut kehalaman WordPress.

cara-import-konten-wordpress-ukuran-besar-4

Baca Juga : Cara Cepat Export Dan Import Konten WordPress Online Ke Offline Format XML

Bagaimana mudah bukan? Melakukan praktik ini tidak akan membutuhkan waktu lama dan kita bisa lebih menghemat waktu. Ok mungkin hanya itu saja artikel  Cara Import Konten WordPress Ukuran Besar. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *