Home / WordPress / Cara Termudah Memasang Iklan AdSense Diatas, Ditengah, Dibawah, Postingan

Cara Termudah Memasang Iklan AdSense Diatas, Ditengah, Dibawah, Postingan

Cara Memasang Iklan AdSense Di Postingan – Jumlah klik pada iklan merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi pendapatan AdSense. Sedangkan untuk memperoleh jumlah klik yang tinggi maka perlu meletakkan iklan pada posisi yang strategis. Kita harus menempatkan iklan AdSense yang bisa mengundang banyak klik pembaca blog. Lokasi mana saja yang dianggap paling strategis untuk memasang iklan AdSense?

Baca Juga : Cara Pasang Iklan AdSense Di Dalam Postingan

Mengingat peletakkan iklan yang strategis adalah faktor utama yang bisa mempengaruhi terhadap besar kecilnya jumlah klik, maka sangat disarankan kita harus pintar memilih lokasi-lokasi tersebut. Sebetulnya banyak sekali titik-titik strategis untuk memasang iklan AdSense dihalaman blog kita. Tentu saja karena kaitannya dengan pengunjung, maka lokasi strategis tersebut harus lokasi yang paling memungkinkan banyak memperoleh perhatian pembaca blog.

Mungkin Anda sudah bisa menebak halaman blog mana saja yang sekiranya paling banyak dilihat oleh pengunjung. Dari beberapa halaman blog hanya halaman postingan saja yang paling banyak diminati pengunjung. Umumnya pengunjung pertama kali menemukan blog kita dari mesin pencari adalah postingan. Maka daripada itu, silakan pasang iklan AdSense didalam postingan blog.

Untuk memasang iklan AdSense didalam postingan sebetulnya tidak hanya satu titik saja yang dianggap strategis. Lokasi tepat yang dianggap strategis untuk menempatkan iklan didalam postingan adalah :

  1. Diatas postingan atau tepat dibawah judul artikel;
  2. Ditengah-tengah postingan;
  3. Dibawah postingan atau setelah artikel berakhir.

Selain tiga titik lokasi postingan diatas, kita juga bisa menempatkan iklan di sidebar dan header blog. Dan disarankan agar Anda memilih jenis iklan AdSense Responsive.

Bagi blog WordPress tentunya bukan perkara yang sulit untuk memasang iklan AdSense di sidebar atau widget. Kita bisa memanfaatkan Widget Text lalu tempatkan kode iklan disitu. Bahkan untuk memasang iklan AdSense di header juga biasanya banyak tema WordPress yang terdapat fitur untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Lalu bagaimana untuk memasang iklan AdSense didalam postingan? Sekedar memasang iklan AdSense diatas dan dibawah postingan mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Kita tinggal menempatkan kode iklan di single.php kemudian tempatkan kode diatas <?php the_content(); ?> untuk iklan diatas postingan dan dibawah <?php the_content(); ?> untuk iklan dibawah atau diakhir artikel.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana untuk memasang iklan AdSense ditengah postingan? Bahkan seperti yang Anda lihat di blog ini, tidak hanya satu iklan saja yang dipasang ditengah postingan.

Inilah Cara Memasang Iklan AdSense Di Postingan (Diatas, Ditengah, dan Dibawah Artikel)

Kalau sekedar memasang iklan AdSense ditengah postingan WordPress, dulu saya sudah pernah menulis artikelnya disini. Sayangnya pada artikel tersebut kita hanya bisa memasang satu jenis iklan saja ditengah postinga. Yang kita inginkan sekarang adalah memasang jenis iklan berbeda ditengah postingan.

Misalnya postingan blog memiliki 10 paragraf. Kita ingin memasang 5 kode iklan AdSense sekaligus dalam satu halaman postingan. 2 unit iklan jenis gambar dan text serta 3 unit iklan lainnya adalah jenis text saja. 2 unit iklan jenis gambar dan text akan ditempatkan diatas postingan/bawah judul serta dibawah postingan/akhir artikel. Kemudian 3 unit iklan jenis text akan ditempat ditengah postingan, 1 di paragraf 2, 2 diparagraf 4, dan 3 diparagraf 6.

Kalau blog kita menggunakan CMS WordPress, maka tidak perlu dipusingkan dengan masalah ini. Banyak plugin gratis yang dapat kita manfaatkan fungsinya untuk memenuhi kebutuhan seperti kasus diatas.

Saat ini saya merekomendasikan plugin Quick AdSense untuk menyelesaikan permasalahan pasang iklan dipostingan. Meskipun plugin Quick AdSense sudah tidak pernah diupdate oleh ownernya, saat ini masih kompatible dengan CMS WordPress. Silakan Anda download dan install dulu plugin Quick AdSense menggunakan metode yang Anda sukai.

Setelah Anda sukses install plugin Quick AdSense dan mengaktifkannya, maka plugin ini akan berada di menu Settings > Quick AdSense.

Yang saya suka dari plugin Quick AdSense adalah penampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Anda lihat saja penampakannya dibawah ini :

Untuk pengaturan lebih lanjut tentang plugin Quick AdSense, pertama kiya fokus dulu ke bagian Options.

  1. AdSense Place up to. Berapa jumlah iklan yang akan Anda tampilkan didalam postingan. AdSense merekomendasikan maksimal sampai 3 unit iklan saja yang dapat ditampilkan dalam satu halaman. Jika Anda ingin menampilkan lebih dari 3 unit iklan, silakan pilih metode kode iklan jenis iklan text atau hanya iklan tulisan saja. Contoh disini saya memilih 4 kode iklan, yang terdiri dari 2 iklan jenis gambar & text dan 2 iklan jenis text saja.
  2. Position (Default). Dimana saja titik lokasi iklan akan ditampilkan didalam postingan. Ada 10 titik lokasi yang dapat kita pilih dalam plugin Quick AdSense. Begining of Post adalah iklan diatas postingan/bawah judul, Middle of Post adalah tengah postingan, dan End of Post adalah iklan dibawah postingan/akhir artikel. Selain itu kita juga bisa menempatkan iklan disebelah kanan sesudah tag (right after the tag) serta sebelah kanan sebelum akhir paragraf artikel (right before the last Paragraph). Ada 3 titik lokasi untuk menempatkan iklan berdasarkan jumlah paragraf. Titik lokasi 10 adalah jika kita ingin menempatkan iklan AdSense setelah gambar pertama artikel.
  3. Appearance adalah pengaturan iklan yang ditampilkan. Jika kita ingin menampilkan iklan dihalaman posting saja cukup mencentang pada Post. Namun jika iklan ingin kita tampilkan di halaman blog juga maka silakan centang Pages.

Jangan sampai lupa pada opsi Position agar Anda menentukan jenis kode iklan yang nantinya kita sesuaikan dengan kotak penempatan kode. Jika Anda memilih Random Ads maka iklan akan ditampilkan secara acak. Selanjutnya untuk mengatur posisi iklan pada setiap paragraf, Anda bisa memilih bebas setelah paragraf (After Paragraph) berapa saja iklan ditampilkan. Jika Anda mencentang to End of Post maka iklan tidak akan ditampilkan ketika paragraf yang dipilih tidak terdaftar.

Pada bagian AdSense Codes silakan Anda isi form yang sudah disediakan. Sesuaikan dengan pilihan jenis iklan pada opsi Options. Anda juga disini dapat mengatur posisi masing-masing iklan (alignment) dan margin.

Jika semua pengaturan sudah sesuai dengan yang diinginkan, silakan klik Save Changes dan lihat hasilnya.

Baca Juga : Kunci Utama Menjadi Publisher Google AdSense Sukses

Bagaimana mudah bukan? Ok silakan selamat mencoba dan semoga sukses. Mungkin artikel Cara Memasang Iklan AdSense Di Postingan menggunakan plugin Quick AdSense dicukupkan sekian saja. Sampai bertemu lagi diartikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Saya belum berani mas, masukin link dan monetisasi blog dengan adsense, karena blognya baru dibuat. takutnya adsensenya ditolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *