Home / Teknologi / Cara Gampang Membuat Restore Point Pada System Restore Windows 7 Secara Manual

Cara Gampang Membuat Restore Point Pada System Restore Windows 7 Secara Manual

Cara Membuat Restore Point Di Windows – Tidak selamanya komputer akan berjalan lancar. Bisa saja tiba-tiba komputer bermasalah yang disebabkan dari berbagai faktor. Dari banyak masalah salah satu diantaranya disebabkan oleh kesalahan ketika menginstall software, install driver, atau kita telah mengubah pengaturan tertentu pada Windows. Namun tidak perlu khawatir, karena Windows sendiri telah menyediakan fitur untuk bisa mengembalikan keadaan Windows ke titik sebelum terjadi error/bermasalah. Fitur Windows ini lebih dikenal lagi dengan sebutan System Restore.

Baca Juga : Cara Mengecek, Mengaktifkan, Menonaktifkan System Restore Windows XP, 7, 8, Dan 10

System Restore adalah fitur Windows yang memiliki fungsi untuk mengembalikan keadaan Windows ke titik sebelumnya. System Restore berisi semua informasi yang hubungannya dengan registry serta pengaturan penting Windows. Ketika komputer terjadi error maka Anda bisa menggunakan System Restore untuk menormalkan kembali komputer ke posisi semula.

Hal yang tidak diinginkan lainnya adalah bisa saja komputer error yang disebabkan oleh ulah virus. Masalah inipun solusi praktisnya Anda bisa menggunakan System Restore.

Secara default Windows akan membuat Restore Point secara otomatis. Artinya ketika komputer bermasalah maka Anda bisa memilih Restore Point yang telah dibuat Windows secara otomatis. Selain bisa memilih Restore Point otomatis Windows, kita juga bisa membuat Restore Point sendiri secara manual. Tanpa adanya Restore Point maka System Restore tidak akan berfungsi.

Biasanya jika komputer yang baru diinstall OS Windows maka belum ada Restore Point otomatisnya. Dengan begitu untuk berjaga-jaga komputer error maka sebaiknya kita sendiri membuat Restore Point secara manual.

Berikut Cara Membuat Restore Point Di System Restore Windows Secara Manual

Walaupun Windows akan membuatkan Restore Point secara otomatis, namun tidak ada salahnya Anda membuat Restore Point secara manual. Membuat Restore Point kita lakukan ketika akan menginstall software yang kualitasnya masih diragukan. Artinya ketika setelah selesai install software ternyata Windows bermasalah, kita tinggal mengembalikan posisi Windows ke titik sebelum install dengan memilih Restore Point tadi.

Selain sebelum install software, membuat Restore Point kita lakukan juga sebelum melakukan perubahan pada sistem Windows. Adakalanya kita harus mengubah sistem Windows untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Jika ragu, buatlah dulu Restore Pointnya.

Mungkin Anda akan berpikir bukankah kita bisa melakukan uninstall program saja jika ternyata error komputer disebabkan oleh software? Betul, namun dengan hanya mengandalkan uninstall program itu tidak menjamin semua program akan terhapus. Kecuali jika kita uninstall program menggunakan pihak ketiga seperti dengan Revo Uninstaller. Caranya bisa dilihat pada artikel Cara Uninstall Program Sampai Habis Ke Akarnya.

Ok kita kembali ke topik utama, silakan Anda perhatikan penjelasan dibawah untuk membuat Restore Point secara manual.

Pertama silakan Anda klik Start > klik kanan Computer > Properties. Disini saya mencontohkan pada OS Windows 7.

Langkah selanjutnya Anda klik pilih System protection.

Pada tab System Protection Anda klik Driver System yang akan dibuatkan Restore Point. Dan ingat Protection System harus dalam keadaan Aktif/On. Dalam hal ini saya akan memilih Driver (C:). Selanjutnya kita klik Create.

Silakan Anda isi deskripsi Restore Point yang akan dibuat secara manual tersebut. Contoh saya membuat deskripsi “Mencoba Membuat Restore Point”. Terakhir klik Create.

Tunggu beberapa saat karena Windows saat ini sedang bekerja untuk membuat Restore Point. Selamat akhirnya kita telah sukses membuat Restore Point dan ditandai dengan laporan kotak dialog seperti gambar di bawah ini :

Maka kita telah menambah koleksi Restore Point dan memiliki Type Manual. Kedepannya jika komputer bermasalah maka Anda tinggal mengaktifkan Restore Point tersebut.

Bagaimana mudah bukan? Ok mungkin artikel Cara Membuat Restore Point Di Windows 7 dicukupkan sekian saja. Selamat mencoba dan semoga sukses membuatnya. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *