Home / Teknologi / Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar Jika Flashdiskmu Tidak Ingin Cepat Rusak

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar Jika Flashdiskmu Tidak Ingin Cepat Rusak

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar – Hal sepele ini mungkin sebagian orang telah mengabaikannya. Namun jika hal kecil secara terus menerus kita biarkan maka tidak menutup kemungkinan kalau masalah tersebut akan menjadi besar. Hal apakah yang dimaksud? Yaitu mencabut Flashdisk dengan cara yang tidak benar, main asal cabut saja. Asal tahu saja bahwa ketika melepas Flashdisk dari USB komputer atau laptop ada aturan tertentu yang harus kita lakukan. Hal ini demi menjaga perawatan Flashdisk agar tidak cepat rusak.

Baca Juga : Wow Cara Ini Bisa Copy Data Flashdisk Orang Lain Tanpa Sepengetahuannya

Lalu bagaimana cara mencabut Flashdisk yang benar itu? Ketika Flashdisk dicolokkan ke USB komputer atau laptop maka secara otomatis Flashdisk akan bekerja. Disarankan jika ingin mencabut Flashdisk maka kita meski menghentikan dulu system komputer yang sedang melakukan proses membaca Flashdisk. Apalagi jika Flashdisk tersebut sedang kita gunakan, misal copy data, putar video, main game, putar lagu, dan sebagainya.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar (1)

Agar Flashdiskmu tidak cepat rusak, sebaiknya Anda harus melakukan “Eject” terlebih dahulu sebelum Flashdisk dilepaskan dari USB. Proses Eject ini sama dengan ketika kita ingin membuka CD/DVD dari CD/DVD-Room. Dan sebetulnya bukan hanya Flashdisk saja yang harus kita Eject ketika ingin dilepas. Semua media eksternal seperti Hardisk Eksternal juga sama saja yaitu harus di Eject (Safely Remove Hardware) dulu sebelum dicabut.

Berikut Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar Agar Flashdisk Panjang Umur

Sistem perawatan Flashdisk yang kecil ini sebaiknya jangan Anda abaikan. Melakukan Eject di Flashdisk sebelum dilepas sebetulnya tergantung mode Windows Disk drivers yang digunakan. Jika mode Windows yang digunakan dalam Optimize for Quick Removal maka tidak perlu Eject di Flashdisk. Tapi sebaliknya jika mode yang dipilih adalah Optimize for Performance maka diharuskan Eject di Flashdisk. Selengkapnya tentang mode Windows Disk drivers bisa dilihat pada artikel Mencabut Flashdisk Tanpa Harus Safely Remove Hardware!

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara melepas Flashdisk yang benar itu? Tadi sudah disinggung yaitu dengan melakukan Eject. Lalu cara Eject itu bagaimana caranya?

Cara Eject di Flashdisk untuk Operasi Sistem Windows bisa kita lakukan dengan dua cara, yaitu dari Taskbar dan dari Windows Explorer. Silakan Anda pilih langkah mana yang lebih mudah. Berikut cara pertama :

Silakan colokkan Flashdisk ke USB komputer atau laptop dan nanti biasanya akan tampak tanda USB yang tersambung di Taskbar. Begitu kita sorot ikon USB tersebut maka akan ada tulisan Safely Remove Hardware and Eject Media. Nah dari situlah kita bisa Eject di Flashdisk.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar (2)

Untuk Eject di Flashdisk dari USB silakan Anda klik kanan pada ikon USB tersebut dan nanti akan ada pilihan Eject TOSHIBA USB DRV (disini saya menggunakan Flashdisk Thosiba). Begitu Anda klik Eject tersebut maka kita siap untuk mencabut Flashdisk dari tempatnya.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar (3)

Langkah kedua yaitu dari Windows Explorer dan silakan Anda buka buka Windows Explorer dari Start klik kanan. Anda lihat nanti begitu Flashdisk dicolokkan maka akan bertambah satu driver yang bernama Removable Disk. Klik kanan disitu dan klik pilih Eject.

Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar (4)

Baca Juga : Cara Mudah Dan Cepat Membuat Hiren’s Boot CD Menggunakan Flashdisk

Ternyata mudah bukan Cara Mencabut Flashdisk Yang Benar ini? Silakan selamat mencoba dan agar dibiasakan sebelum melepas Flashdisk menggunakan cara ini dulu. Saya yakin cara ini tidak akan menghabiskan waktu banyak ko! Salam sukses dan semoga bermanfaat.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *