Home / Microsoft Office / Cara Mengganti Kata Yang Salah Secara Otomatis Di Office Word (Find and Replace)

Cara Mengganti Kata Yang Salah Secara Otomatis Di Office Word (Find and Replace)

Cara Otomatis Mengganti Kata Yang Salah Di Office Word – Seringkali kita dihadapkan harus mengubah kata-kata tertentu pada dokumen Office Word karena ada perubahan kata atau mungkin kata tersebut salah penerapannya. Misal huruf awal pada kata tertentu seharusnya adalah huruf kapital atau perubahan total kata tanpa mengubah makna contohnya “anda” diganti dengan “kamu” dan sebagainya. Jika jumlah kata yang harus diubah jumlahnya sedikit atau dibawah sepuluh kata, tentunya bukan perkara yang sulit untuk mengerjakannya. Namun lain lagi jika jumlah kata yang harus diganti jumlahnya banyak. Bisa Anda bayangkan sendiri jika perubahan kata yang salah jumlahnya ratusan dan harus selesai secepat mungkin. Dengan cara manual maka tentunya akan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Tapi lain lagi jika pengerjaannya menggunakan cara otomatis bisa selesai dalam satu detik, ingat hanya satu detik saja.

Baca Juga : Dengan Cara Ini Bisa Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Office Word

Di Office Word untuk mengganti kata yang salah bisa kita lakukan dengan cara otomatis. Waktu berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan ini bisa selesai hanya dalam waktu hitungan detik saja.

Cara Otomatis Mengganti Kata Yang Salah Di Office Word (1)

Mengubah kata yang salah di Office Word tidak terbatas hanya pada huruf saja, kata-kata lainnya seperti angka dan tanda baca juga bisa kita ubah dengan cara otomatis ini. Penasaran ingin tahu bagaimana caranya?

Berikut Cara Mengganti Kata Yang Salah Secara Cepat dan Otomatis Di Office Word

Silakan Anda buka dokumen Office Word yang terdapat kata-kata yang salah sehingga Anda ingin menggantinya. Kemudian dari menu Home Anda klik pilih Find (disini saya menggunakan Microsoft Office Word 2007). Atau dengan cara cepatnya menggunakan keyboard shortcut yaitu dengan menekan Ctrl+F.

Cara Otomatis Mengganti Kata Yang Salah Di Office Word (2)

Kemudian Anda klik pilih tab Replace. Ketik kata yang salah pada kolom Find what. Contoh disini saya ingin mengubah kata “anda” dengan “Anda“. Itu masih sama, namun bedanya adalah hanya terletak pada huruf awalnya saja yaitu menggunakan huruf kapital. Kemudian pada kolom Replace with silakan ketik kata yang seharunsya, contoh saya ketik “Anda”.

Setelah dua kolom tersebut kita isi dengan sempurna, sekarang klik pilih tombol Replace All. Artinya secara otomatis nanti fitur Find and Replace ini akan mencari kata yang ingin diganti dan langsung mengubahnya dengan kata yang telah kita rekomendasikan.

Cara Otomatis Mengganti Kata Yang Salah Di Office Word (3)

Bagaimana mudah bukan? Dengan menggunakan cara ini maka kita akan jauh lebih bisa menghemat lagi baik itu menghemat waktu dan juga materi.

Ok mungkin hanya itu saja artikel singkat tentang Cara Mengganti Kata Yang Salah Secara Otomatis Di Word. Semoga artikel ada manfaatnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Salam sukses dan terima kasih.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *