Home / Photoshop / Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas – Retouch foto di Photoshop terkadang kita memerlukan trik untuk menghilangkan objek tertentu pada sebuah gambar. Alasannya objek tersebut sangat menggangu keindahan gambar yang sedang kita retouch. Contohnya kita sedang manipulasi foto menjadi susana yang romantis, namun didalam gambar terdapat objek yang sama sekali tidak mendukung kepada hal romantis. Contoh didalam gambar ada objek tonk sampah, orang gila, dan lain-lain. Maka untuk menambah susana yang benar-benar romantis pada gambar, kita harus membuang objek-objek yang sangat mengganggu tersebut.

Baca Juga : Membuat Wajah Seram Bermain Dengan Blending Photoshop

Tujuan utama kita sekarang adalah menghilangkan objek yang menggangu pada gambar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa memanfa’atkan program Photoshop. Cara Photoshop dalam menghilangkan objek pada suatu gambar bisa dilakukan dan hasilnya tanpa meninggalkan bekas sedikitpun. Memang canggih Photoshop ini. Apapun kebutuhan kita dalam hal desain grafis, maka Photoshoplah akan mencukupinya. Apapun kekurangan yang ada pada gambar, maka Photoshoplah yang akan memenuhinya.

Kemampuan menghilangkan objek pada gambar tanpa bekas di Photoshop, bisa dilakukan dengan menggunakan Pacth Tool. Sudah pernah mendengar tool tersebut? Bagi Anda yang biasa bergelut di dunia desain grafis, maka tool tersebut saya yakin sudah tidak asing lagi dipendengarannya.

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 1

Apa Yang Dimaksud Dengan Patch Tool?

Patch Tool adalah tool Photoshop yang berfungsi untuk menghilangkan objek tertentu pada sebuah gambar. Patch Tool bisa kita gunakan untuk menutupi bagian-bagian yang tidak penting pada gambar. Contoh seperti yang sudah saya tulis dalam artikel Trik Mudah Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop Di artikel tersebut yang sangat berperan adalah penggunaan Patch Tool.

Canggihnya lagi Patch Tool ini bisa menutupi objek pada gambar tanpa meninggalkan bekas sama sekali. Karena cara kerja Patch Tool sebenarnya bukan menghilangkan dengan cara ditutup begitu saja. Tapi memadukan objek yang ditutup dengan objek yang menutupinya. Sehingga hasilnya seolah-olah yang kita hilangkan atau kita tutupi tidak berbekas sama sekali. Karena Patch Tool otomatis akan mencari warna yang sama dalam memadukan warna objek gambar.

Berikut adalah gambar-gambar contoh yang telah dihilangkan objek tertentunya menggunakan Patch Tool Photoshop.

#Contoh 1

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 2

#Contoh 2

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 3

#Contoh 3

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 4

#Contoh 4

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 5

Jika dilihat sekilas, maka pada letak objek gambar yang telah dihilangkan seolah-olah sebelumnya tidak ada objek apapun. Namun jika mata kita jeli melihatnya, tentu akan ketahuan. Walaupun begitu, Patch Tool banyak yang mengunakannya untuk menghilangkan objek tertentu pada gambar. Karena intinya dalam hal menghilangkan objek ini adalah terletak pada skill masing-masing. Jadi tidak menjamin akan benar-benar hilang tanpa bekas objek yang telah kita hilangkan menggunakan Patch Tool. Tergantung gambar yang kita edit, kemampuan mengoperasikan Photoshop, dan lain-lain.

Selanjutnya jika Anda ingin mencobanya keunggulan Patch Tool ini dibanding Tool-Tool Photoshop lainnya, maka simaklah yang akan saya terangkan di bawah ini.

Cara Menghilangkan Objek Pada Gambar Menggunakan Patch Tool

Caranya mudah saja, menurut saya yang sulit adalah mencari warna yang benar-benar sama dengan objek yang akan kita tutup. Kemudian yang tidak kalah sulit adalah jika bahan untuk menutup objek tersebut tidak cukup. Namun jika semuanya mendukung seperti contoh gambar dibawah ini, maka melakukan Patch Tool mudah saja.

Pertama setelah kita membuka foto yang akan dijadikan bahan praktek, kemudian aktifkan Patch Tool. Untuk mengaktifkan Patch Tool lebih cepatnya kita bisa menekan huruf J pada keyboard. Patch Tool berada didalam deretan Tool Box dengan Spot Healing Brsuh Tool, Healing Brush Tool, dan Red Eye Tool.

Setelah Patch Tool benar-benar aktif, seleksi objek yang akan kita tutup menggunakan Patch Tool. Seleksi objek lakukan seperti seleksi biasa saja, yaitu dengan menekan terus klik kiri mouse kemudian geserkan sesuai dengan area objek yang akan kita tutup. Melakukannya persis seperti kita menulis.

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 6

Setelah objek yang akan kita tutup benar-benar terseleksi sepenuhnya, lepaskan seleksi tersebut. Maka akan terbentuk bintik-bintik putih kecil yang melingkari seluruh objek yang akan kita tutup. Arahkan pointer mouse ditengah-tengah objek yang terseleksi tersebut, klik tahan lalu geser ke bagian objek yang kosong. Dalam menggeser pointer tersebut adalah kita mencari bidang atau objek untuk menambal objek yang akan kita tutupi. Lakukan kegiatan tersebut berulang-ulang sampai objek yang kita tutup benar-benar hasilnya mulus tanpa bekas sedikitpun.

Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas 7

Cukup sekian saja tulisan Cara Photoshop Menghilangkan Objek Pada Gambar Tanpa Bekas ini. Semoga ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

5 comments

  1. terima kasih informasihnya
    sengat membantu tetap lah selalu ber bagi informasi.,.,
    dan berbagi tentang photoshop dengan baik dan aku jadi bisa menghilangkan gambar dengan baik .,., Mauliate .,.,.,.,.,.,.,.,.,.

  2. admin, gimana caranya biar kayak yg di contoh, yg kayak wajah itu, biar mulus dan hasilnya maksimal… :)
    agak sulit kalau saya coba..
    saya cuma pakai Adobe PhotoShop CS2
    sebelumnya, TerimaKasih ya Admin,
    #salam_kenal

    • Gambar diatas menggunakan Patch Tool seperti yang dijelaskan pada artikel diatas mas. Kemudian agar hasilnya lebih maksimal lagi selain pixel fotonya harus bagus saya sering menggunakan plugin Topaz atau Noiseware.

  3. Thanks infonya, sangat membantu sekali :)
    Semoga artikel ini bisa membantu yang lainnya juga :)
    Terus berjuang membari manfaat terhadap semua orang

  4. Terima kasih ilmunya,sangat bermanfaat .
    terutama untuk para pemula sperti kami-kami.
    Semoga apa yang disampaikan menjadi pahala..Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *