Home / Teknologi / Tips Atasi Kecanduan Gadget Dengan Mudah Tanpa Paksaan

Tips Atasi Kecanduan Gadget Dengan Mudah Tanpa Paksaan

Tips Atasi Kecanduan

Atasi Kecanduan Gadget – dengan mencoba tips-tips yang akan diulas di bawah ini. Memang, kebutuhan kita akan gadget tidak bisa kita pungkiri lagi. Di zaman serba canggih ini manusia memang tidak bisa lepas dari gadget. Dimanapun manusia berada, selalu ada gadget di samping mereka.

Baca Juga : Hanya Dengan Benda Sederhana Ini Bisa Membuat Gadget Cling Seperti Baru!

Namun yang sangat memprihatinkan adalah mereka tidak bisa lepas dari aktivitas memegang gadget. Aktivitas apa saja baik sebelum tidur, setelah tidur, kumpul dengan kolega dan masih banyak lagi. Gadget memang penting namun perlu diingat bahwa segala hal yang berlebihan tidak baik. Nah untuk itu yuk simak tips atasi ketergantungan gadget di bawah ini.

Tips Atasi Kecanduan Gadget Dengan Mudah Dan Tanpa Paksaan

1. Hapus Aplikasi Yang Menyebabkan Kecanduan

Tips atasi kecanduan gadget yang pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang menyebabkan kecanduan. Ya, aplikasi yang ada di gadget memang menjadi salah satu penyebab candu untuk memegang gadget tanpa henti.

Biasanya aplikasi yang sering menyebabkan kecanduan adalah media sosial. Jika Anda niat banget pengen atasi ketergantungan akan gadget maka hapuslah beberapa aplikasi media sosial yang Anda miliki.

Sisakan satu kalau-kalau Anda butuh menghubungi teman Anda yang kebetulan jadi teman di medsos. Rasanya memang berat, namun anggap saja ini sebagai pengorbanan jika Anda ingin hidup yang Anda jalani lebih produktif.

Selain aplikasi media sosial, aplikasi semisal game online juga akan menyebabkan kecanduan akan gadget. Jadi jangan heran apabila ada orang menunduk terus dan mengotak-atik ponsenya hanya karena game online.

Ini bukan maksud melarang lho ya, namun untuk memupuk kebijakan dalam menggunakan smartphone. Anda tentu tidak mau dicap zombie gara-gara menunduk terus memainkan game/medsos di ponsel.

2. Memperbanyak Kegiatan Sosial

Memperbanyak bersosial dengan  teman dan orang terdekat juga akan bantu atasi kecanduan gadget dengan efektif. Bertemu dan bercengkerama dengan teman-teman memang sangat ampuh untuk membuat lupa akan gadget.

Usahakan untuk membuat kegiatan yang menyenangkan agar acara kumpul-kumpul tidak membosankan. Buat acara diskusi, travelling, naik gunung atau apapun itu yang penting bisa membuat Anda jauh dengan gadget.

Jangan lupa juga untuk membuat peraturan bahwa tidak ada yang boleh memegang dan memainkan gadget ketika kumpul. Karena banyak yang fisiknya memang kelihatan berkumpul, namun semua kepala menunduk memainkan ponsel masing-masing.

Bikin obrolan yang menyenangkan agar Anda dan teman-teman merasa nyaman. Jika rasa nyaman sudah didapat, maka tidak ada keinginan barang sedetik pun untuk mengecek ponsel. Jadi jangan sampai hubungan Anda dengan teman plus orang-orang terdekat renggang gara-gara kotak persegi panjang.

3. Matikan Notifikasi

Mematikan notifikasi juga ampuh untuk mengatasi kecanduan akan gadget. Aplikasi yang ada dalam gadget memang terdapat opsi notifikasi otomatis jika ada sesuatu. Mau tidak mau, ketika ada notifikasi dari aplikasi yang ada di ponsel Anda akan langsung tergoda untuk membukanya.

Maka dari itu mulai sekarang matikan semua notifikasi karena hal tersebut akan membuat Anda tergantung dengan gadget. Sisakan notifikasi otomatis dari aplikasi yang benar-benar penting yang tidak akan terlalu menyita perhatian Anda.

4. Matikan Gadget 1 Jam Sebelum Tidur

Tips atasi kecanduan gadget dengan mudah dan penuh kerelaan berikutnya adalah dengan mematikan gadget 1 jam sebelum tidur. Anda harus konsisten dalam hal ini, karena bermain gadget sebelum tidur akan sangat berbahaya. Secara tidak sadar Anda akan terlena dan tahu-tahu sudah jam 3 pagi.

Anda tentu tidak ingin kan jam tidur Anda terganggu gara-gara asik bermain gadget? Untuk itu, biasakan dalam diri Anda meskipun berat, bahwa sebelum 1 jam naik ke ranjang gadget sudah harus dimatikan. Letakkan gadget jauh dari jangkauan agar Anda tidak akan tergoda.

5. Hindari Penggunaan Power Bank

Tips atasi kecanduan gadget berikutnya adalah dengan menghindari penggunaan power bank. Setiap orang ingin gadgetnya selalu dalam keadaaan hidup, makanya mereka selalu membawa power bank. Jadi mereka tidak akan panik meskipun gadget kehabisan baterai karena sering dibuka dan dimainkan.

Tidak disadari, hal inilah yang membuat orang bisa kecanduan akan gadget. Mulai sekarang jika pergi ke luar rumah, jangan bawa power bank. Dengan tidak membawa power bank, berarti Anda akan jarang membuka ponsel. Anda tidak mau kan ponsel Anda drop di saat penting?

6. Ganti Gadget dengan Buku

Budaya membaca memang sudah terkikis gara-gara gadget. Sangat disayangkan memang, karena buku sangat penting sekali kegunaannya untuk umat manusia. Jadi kenapa tidak menggunakan buku saja untuk atasi kecanduan gadget?

Membaca buku memang bisa dilakukan dengan gadget lewat ebook dan dokumen. Namun tentu saja sensasinya jauh jika dibandingkan dengan membaca buku fisik secara langsung. Jadi mulai sekarang bawa buku ke manapun Anda pergi. Karena buku adalah sebaik-baik teman duduk, bukannya HP.

7. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

Tips ampuh berikutnya untuk mengatasi masalah kecanduan akan gadget adalah dengan mematikan layanan internet di ponsel Anda. Selain bisa untuk menghemat kuota, Anda juga tidak akan tergoda untuk mengecek HP karena tidak ada satupun yang menarik. Jangan lupakan juga waktu-waktu produktif yang akan Anda dapatkan ketika sudah lepas dari gadget.

8. Pahami Dampak Kecanduan Gadget

Tips mengatasi kecanduan gadget yang mudah dan tanpa paksaan berikutnya adalah dengan pahami dampak kecanduan gadget. Sekali-kali coba untuk browsing hal buruk apa yang terjadi jika Anda kecanduan akan gadget. Jangan takut ya, karena dampaknya benar-benar buruk.

Selain berpengaruh buat kesehatan Anda, juga akan mempengaruhi pekerjaan dan hubungan pertemanan dan keluarga Anda. Nah dengan mengetahui dampak berbahaya akan gadget tersebut, tentu Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan gadget.

9. Simpan Gadget di Tas Sebelum Bepergian

Tips atasi kecanduan gadget berikutnya adalah dengan menyimpan gadget di dalam tas sebelum bepergian. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah Anda mengecek HP berkali-kali barangkali ada notifikasi. Dengan begitu kecanduan Anda bisa diatasi atau diminimalisir.

Baca Juga : Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Demikianlah tips yang bisa kami berikan untuk atasi kecanduan gadget yang mudah dan tanpa paksaan. Selain mencoba tips-tips di atas, yang juga tidak kalah penting adalah komitmen untuk meninggalkan dan menyembuhkan kecanduan akan gadget. Biasanya kalau sudah niat beneran dari diri sendiri, semua hal bisa diatasi dengan mudah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.