Selasa, 27 Februari 2024

Cara Daftar EPS-Topik CBT Umum Manufaktur Secara Online untuk CPMI Korea

Info Menarik – Untuk Kamu yang saat ini sedang menempuh proses bekerja ke Korea Selatan melalui program EPS-Topik, silakan simak artikel ini sampai selesai. Karena pada artikel ini saya akan berbagi cara daftar EPS-Topik CBT Umum Manufaktur secara online di website BP2MI.

EPS-Topik adalah sistem tes Bahasa Korea yang diselenggarakan khusus sebagai persyaratan tenaga kerja ke Korea Selatan. Di Indonesia lembaga resmi pemerintah yang mengelola program EPS-Topik adalah Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI.

Selanjutnya jika Kamu berminat ingin bekerja ke Korea Selatan yang resmi melalui program pemerintah, silakan untuk mendaftar di website BP2MI secara online. Tentunya hal ini Kamu lakukan jika sebelumnya Kamu telah selesai belajar Bahasa Korea.

Persyaratan Mendaftar EPS-Topik Online

Untuk daftar EPS-Topik secara online di website BP2MI persyaratannya tidak banyak. Kamu cukup mempersiapkan dua dokumen berikut:

  1. Scan KTP berwarna format gambar atau JPG;
  2. Scan Ijazah terakhir yang Kamu miliki dalam format juga atau JPG.
Daftar EPS-Topik itu tidak perlu memiliki pendidikan tinggi, karena cukup menggunakan minimal Ijazah SLTP atau sederajat.

Cara Daftar EPS-Topik Online di Website BP2MI

1. Akses Website G2G BP2MI

Jika kedua persyaratan di atas sudah Kamu siapkan, untuk memulai proses pendaftaran silakan Kamu akses halaman website BP2MI. Untuk pendaftaran EPS-Topik, BP2MI telah menyediakan halaman khusus yaitu: g2g.bp2mi.go.id.

Halaman BP2MI dapat kita akses di media browser apapun seperti Chrome, Firefox, Opera Mini, Microsoft Edge, dan sebagainya. Kemudian sebaiknya Kamu akses halaman tersebut menggunakan komputer atau laptop.

2. Memilih Jenis Pendaftaran

Pada halaman G2G BP2MI, silakan Kamu pilih jenis pendaftaran yang terdiri dari: CBT Umum Manufaktur, CBT Umum Perikanan, CBT Khusus, dan Re-Entry Korea Selatan.

Contoh kali ini saya akan memilih jenis pendaftaran CBT Umum Manufaktur.

3. Mengisi Data Diri

Sekarang silakan Kamu isi semua kolom formulir pendaftaran. Pertama Kamu isi pada DATA DIRI yang terdiri dari Nama Lengkap, Jenis Kelamin, dan sebagainya atau sesuai yang tertera pada form tersebut.

Sebaiknya Kamu isi semua kolom DATA DIRI dengan benar. Sesuaikan dengan data yang terdapat di KTP dan Ijazah.

Cara Daftar EPS-Topik Online 2

4. Mengisi Data Kontak

Selanjutnya Kamu isi juga pada kolom KONTAK. Itupun Kamu isi sesuaikan dengan data yang terdapat pada KTP. Pada tahap ini Kamu harus memasukkan alamat email. Isi dengan email yang masih aktif atau tidak lupa dengan user dan password email.

Alamat email itu penting untuk keperluan kedepannya jika semua proses Kamu lancar.

Cara Daftar EPS-Topik Online 3

5. Mengisi Data Orang tua

Setelah mengisi form KONTAK, sekarang Kamu isi juga identitas pada DATA ORANG TUA. Kamu isi juga data orang tua ini dengan akurat atau sesuai dengan yang tertera pada Ijazah, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Cara Daftar EPS-Topik Online 4

6. Memilih Sektor Usaha dan Upload Data

Pada bidang SEKTOR USAHA, sesuaikan dengan yang hendak Kamu lamar. Pada tahap ini terdapat lima sektor, yaitu : PERTANIAN, KONTRUKSI, MANUFAKTUR, JASA, dan PERIKANAN.

Setelah menentukan Sektor Usaha, selanjutnya Kamu UPLOAD KTP. Format KTP adalah .jpg hasil scan warna. Kemudian upload juga IJAZAH TERAKHIR format .jpg.

Cara Daftar EPS-Topik Online 5

7. Lokasi Validasi dan Tes

Nah sampai langkah ini Kamu sudah selesai mengisi semua Form Formulir Pendaftaran EPS-Topik. Pada bagian LOKASI VALIDASI DAN TES akan tampil keterangan lokasi untuk nanti melakukan Validasi Data, Tes EPS-Topik, dan tanggal pelaksanaan Validasi.

Lokasi validasi ini akan otomatis tampil sesuai dengan alamat yang telah Kamu isi pada form lamaran di atas. Contoh tadi saya menentukan alamat di Bandung, maka lokasi validasinya juga di BP3TKI Bandung.

8. Periksa Kembali Data Pendaftaran

Sekarang silakan cek lagi semua data Kamu yang telah di input pada form formulir pendaftaran di atas. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa jangan sampai salah satu data-pun dalam pengisian formulir ini. Karena ini akan berakibat fatal ketika melakukan Validasi Data nanti. Dan kemungkinan jika Kamu salah dalam mengisi data, maka Kamu akan dibatalkan untuk mengikuti Tes EPS-Topik.

Jika Kamu yakin bahwa semua data sudah benar atau sesuai, sekarang klik tombol Register. Jangan klik Reset Form, karena ini fungsinya untuk mengosongkan kembali semua form pendaftaran di atas.

9. Download Tanda Bukti Registrasi

Berhasil! Sekarang download Tanda Bukti Registrasi. Tanda bukti ini untuk Kamu serahkan nanti ketika melakukan Validasi Data. Bukti online registrasi adalah format .pdf, Kamu simpan softcopy-nya di media eksternal seperti Flashdisk, Harddisk, dan lain-lain. Lalu tanda bukti tersebut Kamu cetak (print).

Di bawah tombol download Tanda Bukti Registrasi, terdapat tombol download Adobe Acrobat Reader. Jika komputer Kamu belum mempunyai aplikasi Adobe Reader, silakan download aplikasi Adobe Acrobat Reader.

Berikut adalah contoh lembaran tanda bukti registrasi EPS-Topik. Kamu simpan dan silakan nanti Kamu bawa ketika proses validasi data.

Verifikasi untuk Validasi Data Pendaftaran EPS-Topik

Verifikasi data yang terdiri dari waktu dan tempat pelaksanaan biasanya akan tercantum  pada lembaran tanda bukti registrasi EPS-Topik.

Nanti ketika melakukan verifikasi data tidak boleh mewakilkan kepada siapapun. Artinya Kamu harus datang sendiri ke lokasi yang telah ditentukan. Karena nanti akan dilakukan pengambilan sidik jari dan pemotoan.

Sedangkan dokumen yang harus Kamu bawa ketika verifikasi data Registrasi EPS-Topik adalah sebagai berikut:

  1. Print out atau cetak lembaran tanda bukti registrasi online;
  2. KTP asli yang masih berlaku dan sesuai dengan yang Kamu gunakan ketika mendaftar EPS-Topik online;
  3. Ijazah asli pendidikan terakhir atau yang Kamu gunakan ketika daftar online;

Selain dokumen asli Kamu juga harus membawa dokumen dalam format softcopy. Artinya semua dokumen tersebut Kamu scan dan simpan dalam format .jpg.

Selanjutnya jika semua proses verifikasi data sudah selesai Kamu lakukan, Kamu tinggal menunggu pengumuman dari BP2MI untuk pengambilan kartu Peserta EPS-Topik. Silakan Kamu pantau terus web BP2MI dan jangan sampai ketinggalan informasi.

Baca Juga: Apa itu EPS-TOPIK dan TOPIK, Sama atau Beda? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat khususnya bagi CPMI yang hendak bekerja di Korea Selatan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

65 comments

  1. rudi

    Bagaimana cara agar bisa mencetak form validasi lagi .karena belum sempat print out data registrasi/validasi pendaftaran.sekian.

    • InfoMenarik

      Kalau itu saya tidak tahu mas. Yang saya tahu melakukan registrasi dengan identitas yang sama tidak bisa dilakukan dua kali.

  2. cara daftar EPS-Topik online rinci dan lengkap langkahnya, jadi lebih mudah bagi yg membutuhkan

    • InfoMenarik

      Betul mas, ini adalah salah satu bukti jika peminat yang bekerja ke Korea itu dari tahun ke tahun selalu meningkat.

      • din

        Hai, saya mau tanya nih.
        saya kan sudah isi formulir pendaftaran online untuk EPS TOPIK 2015.
        kebetulan saya memakai kTP dengan alamat di Jawa Timur, sehingga lokasi validasi saya otomatis di Surabaya, Jawa Timur.
        akan tetapi, saya saat ini tinggal di jakarta. Kalau saya melakukan validasi di Jakarta apakah bisa?
        dan kira-kira dimana saya bisa melakukan validasi di Jakarta?

        saya sudah berusaha menelpon BNP2TKI jakarta, BNP3TKI surabaya, dan lain sebagainya tapi tidak ada satupun yang memberi saya jawaban. mereka selalu menyuruh saya menelpon tempat lain dan saya tidak tau harus tanya kemana lagi.

        • InfoMenarik

          Wah itu harus dilakukan ditempat yang tertera pada kartu registrasi mas. Peraturannya memang ketat proses ke Korea ini. Semua aturan sesuai dengan prosedur. Jadi jangan sampai melakukan kesalahan walaupun hanya satu kali. Nanti akibatnya fatal.

  3. Bermamfaat ni infonya sobat :)

    • InfoMenarik

      Ok terimakasih atas kunjungannya mas.

  4. Klu scannya difoto bisa gk mas?hhehe makasih sebelumnya infonya mas

    • InfoMenarik

      Mungkin orangnya saja yang discan mas … hihihi

  5. andhi

    Maaf, apakah fotokopi ijazah yg sudah dilegalisir juga harus dibawa saat validasi?, karena ftokpi ijazah saya yg sudah dilegalisir sudah habis,, dan untuk mengurusnya mungkin butuh wktu yg lama,, Mohon pencerahannya Terimakasih

    • InfoMenarik

      Yang dibawa saat validasi adalah KTP asli, Ijazah asli, dan tanda bukti formulir registrasi online. Tapi untuk persediaan bawa saja yang photocopy legalisir mas.

  6. din

    Hai, saya mau tanya nih.
    saya kan sudah isi formulir pendaftaran online untuk EPS TOPIK 2015.
    kebetulan saya memakai kTP dengan alamat di Jawa Timur, sehingga lokasi validasi saya otomatis di Surabaya, Jawa Timur.
    akan tetapi, saya saat ini tinggal di jakarta. Kalau saya melakukan validasi di Jakarta apakah bisa?
    dan kira-kira dimana saya bisa melakukan validasi di Jakarta?

    saya sudah berusaha menelpon BNP2TKI jakarta, BNP3TKI surabaya, dan lain sebagainya tapi tidak ada satupun yang memberi saya jawaban. mereka selalu menyuruh saya menelpon tempat lain dan saya tidak tau harus tanya kemana lagi.

  7. InfoMenarik

    Tapi sekarang gimana patah tulangnya, apa sudah sembuh?

  8. irwansyah

    mau tanya mas ,,, setelah daftar online biaya pendaftaranya mengurusnya gimana melalui bri nya…???

    • InfoMenarik

      Jangan dulu melakukan transfer uang pendaftaran mas, karena belum ditentukan berapa besar pendaftarannya sekarang oleh BNP2TKI.

      • irwansyah

        mas saya tadi daftar salah penulisan emailnya bermasalah apa enggak entar mohon bantuanya terimakasih

        • InfoMenarik

          Semua data harus benar mas. Namun jika menemui kesalahan, usahakan jangan melakukan pendaftaran lagi karena hanya satu kali untuk melakukan pendaftaran online ini. Kesalahan bisa dibicarakan saat validasi nanti.

  9. farikh lee

    numpang tanya ka, saya baru saja daftar hari ini dan hasil validasinya di bandung tanggal 13 maret 2015 nanti. sedangkan teman saya yg baru saja daftar beberapa jam setelah saya itu data-nya di validasi tanggal 20 maret 2015.

    nah pas tanggal 15 maret-nya itu saya harus validasi ke bandung atau gimana?

    mohon bantuannya. makasi ^^

    • InfoMenarik

      Iya mba, datang kelokasi validasi sesuai jadwal yang tertera pada kartu registrasi tersebut.

  10. amy

    saya sudah isi. dan ternyata saya salah input tgl lhir saya. apa masih bisa daftr lg.dan skrg link Bnp2tki lgi d tutup smntara…

    • InfoMenarik

      Daftar online hanya sekali. Jika melakukan kesalahan coba konsultasikan ketika validasi nanti.

  11. muhammad ali

    Saya kasus’a sama kaya amy,pa saya msh bsa daftar ngga ya mas

    Mohon info’a mas

    • InfoMenarik

      Daftar hanya sekali saja, solusinya konsultasikan sama pihak panitia validasi nanti.

  12. nyono

    Informasi bagus dan bermanfaat mas..

  13. rina

    sayakan sudah daftar kmr har senin di validasi tertera tanggal 16 maret tp setelah saya print out keluar tgl 9 maret nah ntu aq g da waktu soal y dah sore klu datang y tgl 11 atau 12 maaih bs validasi g mas mksh

    • InfoMenarik

      Melakukan validasi harus sesuai dengan yang tertera pada lembar pendaftaran online tersebut.

  14. irwansyah

    mas saya kemarin daptar keliru emailnya apakah masih bisa diperbaiki.. mohon infonya terimakasih

    • InfoMenarik

      Tidak bisa mas. Hanya satu kali kesempatan saja. Namun bisa coba konsultasikan ketika validasi nanti.

  15. irwansyah

    sebenarnya email itu gunanya untuk apa sih mas

    • InfoMenarik

      Sudah dibahas pada artikel terbaru mas.

  16. Ktp saya palembang mau dftr ujian di jawa timur apkh sya hrus pndh ktp ?

    • InfoMenarik

      Ya betul mas, karena sesuai domisili KTP.

  17. budi

    Malam admin, kok nga bisa-bisa ya daftar online untuk ikut eps-topik, padahal data sudah benar semua , setelah di klik Register malah jadi kosong semua, nga ada tulisan berhasil ato apa, gimana nih min solusinya, udah kita cek juga tidak ada?

    • InfoMenarik

      Mungkin web sedang maintenance mas. Coba daftar tengah malam mas!

      • budi

        sampai hari ini saya belum bisa daftar, hasilnya kosong terus gimana ya min solusinya, setiap hari pagi siang sore ,malam sudah saya lakukan untuk register, hasilnya tetap kosong, saya ganti dengan nama orang lain dan dokumen orang lain tetap kosong, gimana nih pusing?

        • InfoMenarik

          Sudah dicoba menggunakan komputer lain mas?

  18. budi

    minta tolong didaftarkan bisa nga ya mas?

    • InfoMenarik

      Ok mas, inbok saja data-datanya melalu halaman kontak.

  19. rudolf

    maaf mau nanya untuk pendaftaran apa masih bisa di lakukan?

    • InfoMenarik

      Daftar EPS-Topik Online batas waktunya sampai tanggal 30 Maret 2015.

      • Amin yi siang

        Saya mw tnya mas, klau gk punya ijasah ,gmna bisa gk, dan klau mw daftar langsung pt / tempatnyA dimana

        • InfoMenarik

          Gunakan saja ijazah SD mas dan proses ke korea itu bukan melalui PT tapi lembaga resmi BNP2TKI. Intinya mas sudah lulus ujian bahasa korea.

  20. Dwi

    Ini untuk lowongan kerja apa ke korea? mksud ny jd TKI pembantu rumah tangga atau bisa jg untuk karyawan pabrik atw perusahaan??

    • InfoMenarik

      Kerja di Korea untuk Indonesia hanya dua sektor saja, Manufaktur (pabrik) dan Fishing (laut). Silakan lihat tulisan ini.

  21. herlina

    Assalamualaikum , mau nanya kalo misalkan tenaga kesehatan kaya assisten apoteker itu apakah bisa bekerja di korsel ?

    • InfoMenarik

      Kerja di Korea melalui sistem EPS-Topik hanya sektor Manufaktur (pabrik) dan Fishing (perikanan) saja. Makanya ijazah SMP juga bisa digunakan untuk daftar proses ini.

  22. gita

    mas saya mau nanya. saya masih pelajar smk sekarang kelas tiga. dan saya berminat untuk bekerja dikorea. untuk pengumuman pendaftaran untuk 2016 biasanya dibuka bulan berapa ya? dan sekarang sambil menunggu pembukaan pendaftaran. apa saja yang harus saya siapkan/ cari tahu. sebelum datang ke bnptki/registrasi lewat online untuk tahap yang lebih lanjutnya lagi. trimakasih

    • InfoMenarik

      Pendaftaran EPS-Topik setiap tahun dibuka bulan Juni biasanya. Langkah yang harus Anda lakukan sekarang mulailah belajar Bahasa Korea dulu, bisa mandiri bisa juga belajar di LPK.

      • gita

        kalo validasi validasi dibulan maret itu apa? apa harus semua nya saya perlajari atau ada tujuan tujuan tertentu misalnya lebih ke kosa kata atau kalimat kalimat. seperti itu? mohon bantunya agar saya membuat bayangan. dan untuk belajar di lpk itu gimana ya maksudnya? . dan mulai sekarang sebaiknya saya melakukan regiatrasi online dulu atau gimana? terimakasih ya karna telah menjawab cepat .

        • InfoMenarik

          Jangan dulu melakukan daftar EPS-Topik Online! Artikel ini adalah arsip pendaftaran tahun 2015 lalu. Untuk yang sekarang atau tahun 2016 belum dibuka lagi. Sekarang Anda kursus Bahasa Korea aja dulu di LPK yang ada dikotanya.

          • gita

            Saya tinggal di daerah ciwidey bandung.LPK Yang paling deket di daerah sini itu di mana ya? Oh ya mas dari berapa kuota yang bisa berangkat itu brapa orang? Saya kan cewek, biasanya cewek banyak yang berangkat ga?

            • InfoMenarik

              Silakan bergabung di grup Facebook, bisa sharing disana tentang LPK Amanah. Untuk perempuan diusahakan agar mendapat nilai bagus ketika ujiannya. Karena jika nilainya memungkinkan akan mengikuti skill test sehingga membantu cepatnya proses.

  23. gita

    Oh begitu ya, terimakasih ya mas informasinya. Sangat membantu sekali . Semoga panjang umur sehat selalu

  24. Ramsky

    mas mau tanya, kalau sudah daftar via online setelahnya kan validasi, nah setelah validasi nanti kira2 apa lagi step nya ya mas, soalnya msh blm paham ttg yg ujian bahasa korea dan kebudayaannya itu apakah selesai validasi atau rentang waktunya msh lama setelah validasi selesai.. makasih..

    • InfoMenarik

      Setelah daftar EPS-Topik Online dan mencetak bukti verifikasinya kemudian mas harus membawanya bukti tersebut ke Panitia Pendaftaran EPS-Topik. Sekarang belum dibuka mas pendaftarannya.

  25. andri

    Sy belajar Bhs korea otodidak. Apa bs bersaing dgn yg belajar d lembaga/private? Tlong info LPK b.korea d daerah cirebon kota dong. Thanks

  26. Yus

    Jos buat adminnya,,,semua pertanyaan pengunjung dijwb smua tanpa ada yg trlewatkan,,sehat dan sukses selalu min…

  27. joko

    Selain persyaratan di atas,apakah ada foto juga?kalo ada foto berapa kali berapa mas?mohon jawabanya.trim

  28. Ruddy

    Wah sangat membabtu…. Tp kalau saya tidak mengikuti kursus bahasa korea…hanya dng belajar otodidat apa bisa mengikuti ujian EPS TOPIK…. mohon balasanya…..

    • InfoMenarik

      Tidak masalah mas, yang penting mas bisa lulus ujian EPS-Topik nanti. Selengkapnya mas bisa baca artikelnya disini.

  29. Jenggo

    Biaya berangkat kerja ke Korea sekitar berapa y bos? Kalo untuk berkas2 administrasi dan persyaratan2 menjadi tki di korea itu di urus sendiri atau di urus bnp2tki..

  30. mohamad choirul fajar

    Kalau saya sudah daftar dengan nama menurut KTP depannya MOH,tapi ijazahnya MOHAMAD. Itu ngaruh gag min.

  31. Jamali

    Swlmay sore… oh ya ini saya daftar dan sudah registrasi tapi ko kode billing nya in valid tdk bisa …mhon solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.