Ingin Daftar Beasiswa LPDP? Lakukan 5 Hal Berikut Yang Harus Kamu Perhatikan

Daftar Beasiswa LPDP

Info Menarik – Tahukah Anda bahwa beasiswa LPDP segera dibuka? Jika Anda tertarik untuk melanjutkan kuliah baik dalam maupun luar negeri, pastikan untuk daftar beasiswa LPDP ini. Seperti yang kita tahu LPDP memang menjadi salah satu beasiswa yang banyak diincar oleh mahasiswa Indonesia karena terbilang menjanjikan. Sehingga tidak heran jika pendaftar beasiswa yang satu ini selalu meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga : Tidak Hanya Pintar Saja, Kamu Perlu 5 Tips Meraih Beasiswa Luar Negeri

Hampir sama dengan beasiswa pada umumnya, beasiswa LPDP ini juga memiliki persyaratan tertentu yang wajib untuk dipenuhi oleh setiap pendaftar. Jadi bagi Anda yang berencana untuk mendaftar beasiswa LPDP tahun ini, maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan mulai sekarang. Apa saja itu? Untuk ulasan lebih lengkapnya, simak informasi di bawah ini.

Sebelum Daftar Beasiswa LPDP, Ketahui Beberapa Hal Penting ini

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan beasiswa yang satu ini. LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan sebuah lembaga yang berkerja di bawah pengawasan 3 kementerian. Tiga kementerian yang dimaksud yaitu Kemenkeu, Kemendikbud, dan juga Kemenag.

Perlu diketahui, program beasiswa yang ditawarkan oleh LPDP sendiri terbagi menjadi dua yakni program Magister dan S2 baik dalam maupun luar negeri. Tidak hanya itu saja, beasiswa LPDP ini juga diselenggarakann untuk program Doktor atau S2 baik dalam maupun luar negeri. Jadi bisa diartikan bahwa LPDP tidak menyediakan program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1.

Tujuan utama beasiswa LPDP ini adalah untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berpendidikan.  Selain itu diharapkan bagi mereka yang mendapatkan beasiswa ini memiliki jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang besar terhadap semua aspek kehidupan di masa depan.

Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hampir semua beasiswa pasti memberikan syarat-syarat pendaftaran tidak terkecuali dengan beasiswa LPDP. Nah bagi yang berencana untuk mengikuti seleksi pendaftaran beasiswa paling bergengsi ini, ada beberapa persyaratan yang wajib untuk Anda penuhi. Secara umum, berikut ini beberapa syarat-syarat daftar beasiswa LPDP, yaitu:

  • Pendaftar merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Merupakan lulusan sarjana (S1) atau Magister (S2) dari Univesitas yang sudah terakreditasi Ban-PT
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang dibuktikan dari pengalaman organisasi yang dilakukan selama kuliah
  • Selalu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan/ inovasi/kebudayaan/keilmuan dan lain sebagainya.

Kategori Beasiswa LPDP

Saat memutuskan untuk daftar beasiswa LPDP, Anda harus memahami terkait kategori beasiswa yang ditawarkan oleh pihak LPDP. Nah, agar lebih jelasnya berikut ini dua kategori beasiswa yang bisa Anda pilih atau ikuti. Di antaranya yaitu:

1. Kategori Beasiswa Umum

Kategori pertama yang ditawarkan oleh beasiswa LPDP adalah kategori beasiswa umum. Kategori ini ditujukan untuk pelamar beasiswa reguler, Afirmasi Daerah 3T, Alumni Bidikmisi Berprestasi, Prestasi Olahraga dan lain sebagainya. Untuk tahapan pendaftarannya sendiri, yaitu:

  • Mendaftar melalui website resmi LPDP
  • Mengikuti seleksi administrasi
  • Seleksi berbasis komputer, dan
  • Seleksi substansi

2. Kategori Beasiswa Non Umum

Selanjutnya adalah kategori beasiswa non umum yang mana ditujukan pada PNS/POLRI/TNI, beasiswa Santri dan lain sebagainya. Untuk tahapan pendaftaran beasiswa LPDP kategori ini yaitu:

  • Tahap Pencalonan
  • Tahap seleksi atau pengusulan oleh Kementerian/Lembaga/Pemda
  • Tahap pendaftaran melalui website resmi LPDP
  • Tahap seleksi berbasis komputer
  • tahap seleksi substansi

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Daftar Beasiswa LPDP

1. Pengalaman Organisasi

Hal pertama yang menjadi salah satu perhatian penting yakni terkait pengalaman organisasi pendaftar beasiswa. Seperti yang diketahui bahwa pada formulir administrasi, para pelamar akan diminta untuk menjelaskan pengalaman organisasi yang pernah dilakukan.

Bicara soal beasiswa LPDP ada dua jenis organisasi yang menjadi pertimbangan. Pertama organisasi kemahasiswaan di Universitas saat studi S1. Organisasi kemahasiswaan yang dimaksud berkaitan dengan Himpunan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa lainnya. Jadi bagi Anda yang masih dalam tahapan penyelesaian S1, pastikan memilih organisasi yang tepat.

Jenis yang kedua yaitu organisasi kemasyarakatan misalnya Perhimpunan Angkutan Indonesia, Karang Taruna dan lain sebagainya. Untuk jenis yang kedua ini, intinya tidak berada di bawah naungan Universitas.

2. Pengalaman Kerja

Tahukah Anda bahwa beasiswa S2 keluar negeri LPDP mensyaratkan pengalaman kerja sekitar 2-3 tahun bagi pelamarnya. Sehingga tidak heran jika kolom pengalaman kerja selalu ada di formulir pendaftaran beasiswa S2 keluar negeri. Lalu apakah bisa fresh graduate atau yang belum memiliki pengalaman kerja mendaftar beasiswa LPDP? Jawabannya bisa, hanya saja peluangnya sangat kecil.

3. TOEFL/IELTS

Hal penting selanjutnya yang wajib untuk Anda perhatikan ketika daftar beasiswa LPDP yaitu terkait TOEFL/IELTS. Persyaratan bahasa ini memang diperuntukkan untuk pelamar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Hal tersebut menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa agar nantinya dapat mempermudah pendidikannya selama ke luar negeri.

Baca Juga : Apa Itu Tes TOEFL? Bagaimana Sejarah Dan Bentuk Tes TOEFL Itu? Simak Ulasannya!

Sehingga tidak aneh, ketika sponsor beasiswa S2 sekelas LPDP menjadikan skor TOEFL/IELTS sebagai salah satu persyaratan dalam melamar beasiswa. Umumnya untuk skor TOEFL yang ditetapkan minimal 550 dan untuk IELTS skor minimalnya yakni 6,5.

4. Rencana Penelitian Masa Depan

Perlu diketahui, setiap orang yang daftar beasiswa LPDP ke luar negeri harus memilih satu topik untuk penelitian yang dijalankannya nanti. Topik penelitian inilah yang menjadi kemungkinan akan dikerjakan ketika memasuki akhir masa perkuliahan S2.

Meski topik penelitian yang ditetapkan masih dalam lingkup yang luas. Namun Anda harus tetap memahami topik yang dipilih karena ketika memasuki tahap wawancara akan ditanyakan oleh pihak sponsor beasiswa. Jadi agar bisa menjadi pertimbangan besar, pastikan untuk memilih topik-topik yang memang sudah pahami atau kuasai.

Meski tidak menjadi penilaian mutlak, rencana penelitian masa depan ini juga menjadi penentu lolos tidaknya pelamar mendapatkan beasiswa LPDP. Jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya sedetail dan sebaik mungkin.

5. Publikasi

Satu lagi hal penting yang juga harus Anda perhatikan yaitu melakukan publikasi. Publikasi yang dimaksud disini bisa dalam bentuk koran atau penelitian yang sudah diterbitkan bisa berupa jurnal atau dalam bentuk buku. Tulisan yang dipublikasikan tersebut bisa berkaitan dengan bidang ilmu yang dipelajari saat S2 nanti.

Meski begitu, Anda juga diperbolehkan untuk membuat tulisan yang tidak berhubungan sama sekali. Hanya saja, pastikan tulisan yang Anda buat sejalan dengan topik ilmu saat S2 nanti.

Demikian, sedikit informasi seputar syarat daftar beasiswa LPDP beserta hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Semoga informasi di atas membantu dan bermanfaat untuk kedepannya. Semoga sukses!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.