Home / Tips Trik / 10 Tips Keren Hanya Dengan Modal Gaji Kecil Tapi Bisa Menjadi Kaya Raya

10 Tips Keren Hanya Dengan Modal Gaji Kecil Tapi Bisa Menjadi Kaya Raya

Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya 1

Info Menarik – Tidak ada yang tidak mungkin, jika ada niat dan usaha yang sungguh-sungguh, Anda bisa tergolong orang yang memiliki gaji kecil bisa menjadi kaya. Jangan salahkan besaran gaji, bisa jadi yang salah adalah cara mengelolanya. Mungkin gaji yang didapat lebih tinggi dari orang lain, namun tetap saja dianggap kurang.

Perlu dicatat, kekayaan di sini adalah hasil dari akumulasi pendapatan yang terkumpul dari hari ke hari dengan konsisten dan disiplin. Banyak orang dengan gaji berlebih namun tetap kurang dan bahkan merasa tidak mampu mencukupi kebutuhannya. Biasanya karena pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Tanpa Modal Sepeserpun Yang Menjanjikan Layak Dicoba

Banyak juga orang dengan penghasilan yang minim, tapi sangat mampu menjadi orang kaya, jika memiliki pengeluaran yang lebih rendah dari pendapatan. Nah, di dalam ulasan berikut ini akan dibahas bagaimana orang dengan gaji kecil bisa menjadi kaya. Yuk simak baik-baik ya.

Berikut 10 Tips Keren Gaji Kecil Namun Bisa Menjadi Kaya

1. Berhematlah

Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya 2

Konsep yang pertama ini sangatlah sederhana, namun mampu memberikan hasil yang terbaik, jika Anda mampu menerapkannya dengan konsisten.

Orang kaya kebanyakan memiliki kebiasaan berhemat dan lebih cenderung menyimpan dana yang dimiliki, dibandingkan harus membelanjakannya ke berbagai pengeluaran yang tidak diperlukan. Hal ini menjadi salah satu cara untuk orang yang gaji kecil bisa menjadi kaya.

Cara untuk hidup hemat sendiri sangatlah banyak. Contoh kecilnya dengan mengubah kebiasaan membeli kopi di kedai atau cafe dengan membuat sendiri kopi di rumah yang terbukti lebih murah dan hemat pengeluaran.

Segera potong berbagai biaya dan pengeluaran yang sebenarnya bisa Anda tekan dengan menggantinya dengan pilihan yang lain.

Misalnya saja, saat ini Anda mengeluarkan biaya untuk keanggotaan di pusat kebugaran, maka pengeluaran ini bisa ditekan dengan memilih berolahraga yang lebih hemat biaya seperti melakukan push up, jogging, pull up, dan squat jump.

2. Hidup Sesuai Kemampuan

Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya 3

Hal yang satu ini sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang dan mereka cenderung mudah tergoda untuk membelanjakan lebih banyak uang dari kemampuannya.

Hiduplah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Membelanjakan uang lebih sedikit dari apa yang dihasilkan sangat ampuh membuat Anda mengumpulkan pundi-pundi kekayaan. Ada aturan sederhana yang bisa Anda terapkan yaitu jangan melakukan pembelian, jika tidak mampu membayarnya secara tunai.

3. Membeli Barang dengan Harga di Bawah Kemampuan

Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya 4

Agar gaji kecil bisa menjadi kaya, penting untuk memperhatikan pengeluaran dan memilah kebutuhan yang penting.

Jika saat ini Anda mampu membeli motor sport keluaran terbaru, bukan berarti Anda harus membelinya.  Jangan membeli hanya karena Anda mampu melakukan pembelian barang tersebut. Jadilah orang yang bijak untuk mengumpulkan kekayaan di masa depan.

Belilah barang yang berbiaya lebih rendah dari kemampuan, maka Anda akan terkejut saat melihat sisa uang yang bisa disimpan.

4. Lakukan Investasi

Gaji Kecil Bisa Menjadi Kaya 5

Cara supaya gaji kecil bisa menjadi kaya selanjutnya adalah investasi. Pendapatan yang Anda miliki tidak akan bertumbuh dengan optimal, jika hanya disimpan di dalam tabungan saja.

Bahkan nilainya akan terus tergerus akibat tingkat inflasi yang terjadi sepanjang tahun. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyisihkan sebagai pendapatan Anda untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Jangan berpikiran bahwa investasi membutuhkan modal yang besar, sebab saat ini investasi sudah bisa dilakukan hanya dengan modal uang Rp 100.000 saja.

5. Membuka Pintu Pendapatan Lain

Pintu pengeluaran setiap orang tidak hanya satu, apalagi bagi yang sudah berumah tangga. Jika hanya mengandalkan gaji, berarti hanya punya satu pintu pemasukan. Seimbangkan dengan membuka pintu-pintu pendapatan yang lain.

Anda bisa kerja freelance, namun cari yang tidak mengganggu pekerjaan utama. Bisa juga dengan menyewakan kendaraan yang dipunyai untuk ojek atau direntalkan, menyewakan kamar tidak terpakai di rumah, atau jadi reseller online dan tentu masih banyak lagi.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Rumahan Yang Lagi Trend Modal Kecil Untung Besar

6. Jangan Menghabiskan Seluruh Uang yang Dimiliki

Biasanya saat memegang gaji yang baru diterima memang banyak keinginan untuk membeli ini itu. Usahakan untuk menahan segala keinginan tersebut dan pertimbangkan baik-baik apakah barang yang ingin dibeli memang benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Simpan kelebihan uang yang Anda dapatkan seperti THR, uang bonus yang didapat, dan lain sebagainya. Dana tersebut akan sangat bermanfaat, saat ada kebutuhan mendesak yang perlu dikeluarkan.

Anda tidak pernah tahu, jika suatu saat mendapatkan bonus kinerja dari pimpinan perusahaan.

Jangan serta merta menghabiskan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak diperlukan, sebaiknya sisihkan dana ekstra tersebut untuk Anda simpan dan mengakumulasikan kekayaan.

7. Bijak Saat Berinvestasi

Kemampuan Anda memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan akan menentukan tingkat pengembalian yang akan didapat di masa depan.

Semakin bijak dalam pemilihan investasi semakin cepat kekayaan terkumpul. Untuk itu bisa dengan cara mencari informasi pada orang yang sudah sering melakukan investasi, atau dengan banyak membaca seputar cara berinvestasi.

Tentukan jenis investasi yang akan dipilih berdasarkan profil resiko yang dimiliki, tujuan keuangan, jangka waktu investasi, dan jumlah uang yang mampu disisihkan setiap bulannya.

Jangan berinvestasi di saham, jika Anda berinvestasi untuk jangka pendek atau Anda mudah panik dengan nilai investasi yang mudah berfluktuasi. Untuk bisa mewujudkan gaji kecil bisa menjadi kaya memang tidak bisa didapatkan secara instan.

8. Hiburan Tidak Selamanya Mahal

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghibur diri dan keluarga Anda. Jika selama ini Anda menghabiskan banyak uang untuk pergi menonton di bioskop, maka ganti pilihan dengan menyewa DVD film atau men-download film untuk dinikmati di rumah.

Anda bisa berjalan-jalan ke taman bersama dengan keluarga besar atau masak-masak di rumah sembari bercengkerama dengan keluarga. Cobalah untuk menjadi lebih kreatif sehingga bisa mendapatkan hiburan yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Langkah yang harus diambil supaya meski gaji kecil bisa menjadi kaya.

9. Jangan Berhutang

Jangan sekali-kali berhutang jika tidak terlalu perlu. Terutama jika hutang tersebut mematok bunga yang tinggi. Jumlah cicilan plus bunga hanya akan menambah beban keuangan. Boleh berhutang untuk barang produktif atau yang harganya akan selalu naik.

Nantinya barang ini akan mengembalikan modal melalui keuntungan atau disebut investasi. Barang produktif atau yang nilainya naik contohnya koin emas, deposito, reksadana dll. Ini salah satu poin penting untuk jadi orang gaji kecil bisa menjadi kaya.

10. Memiliki Bisnis Sederhana

Cara orang gaji kecil bisa menjadi kaya yang berikut ini, masih seputar cara mencari pendapatan lain selain pekerjaan tetap yang dimiliki. Pintu pendapatan berikut ini berupa bisnis yang memerlukan modal.

Daripada dihamburkan, putar saja gaji bulanan menjadi bisnis yang menguntungkan. Misal, membeli franchise murah, membuka toko online yang dapat dikelola orang lain atau ikut menanam modal pada bisnis teman.

Baca Juga : Langkah Demi Langkah Kiat Usaha Dari Nol Hingga Berpeluang Menjadi Sukses

Menjadi kaya bisa dikatakan adalah suatu pilihan dan pencapaian. Walaupun sekarang ini pendapatan yang dimiliki terbilang minim sekalipun. Namun, jika Anda memilih untuk lebih pintar mengelola uang yang ada tentu kaya bisa Anda capai. Banyak orang diluar sana punya gaji kecil bisa menjadi kaya karena niat yang sungguh-sungguh.

Berniat untuk menjalankan tips gaji kecil bisa menjadi kaya? Jika Anda pandai mengelola gaji dan terus menjalankan tips di atas, tunggu kekayaan menghampiri Anda.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.