Mana Yang Lebih Baik, Sekolah Umum Atau Homeschooling? Berikut Ulasannya

Sekolah Umum Atau Homeschooling

Info Menarik – Satu dekade belakangan ini mulai banyak anak yang memilih untuk homeschooling daripada bersekolah secara formal. Kebanyakan dari mereka yang memilih homeschooling biasanya sudah merasa tidak nyaman dengan suasana di sekolah pada umumnya. Atau juga karena berhalangan tetap seperti cacat misalnya. Lalu manakah yang lebih bagus untuk anak, sekolah umum atau homeschooling?

Baca Juga : Sekolah Negeri Atau Swasta, Mana Yang Terbaik? Berikut Adalah Perbandingannya

Pada dasarnya semua hal di dunia ini selalu ada kelebihan dan kekurangannya termasuk dalam sistem pendidikan. Pilihan untuk bersekolah di tempat umum ataukah mengikuti homeschooling semua ada kelebihan dan kekurangannya. Mungkin yang paling tepat adalah mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan si anak itu sendiri.

Untuk bisa mendapatkan jawaban tentang mana yang lebih baik, sekolah umum atau homeschooling sebaiknya memang orang tua paham perbedaan keduanya. Inilah penjelasan tentang perbedaan sekolah umum atau formal dengan homeschooling.

Perbedaan Sekolah Umum dengan Homeschooling

1. Jadwal Pembelajaran

Semua sudah tahu bahwa sekolah umum atau sekolah formal manapun di negeri ini pasti akan memiliki jadwal yang menetap. Anak-anak akan pergi ke sekolah pada pagi hari dan pulang saat siang atau bahkan sore hari. Jadwal pelajaran setiap hari juga sudah disusun dengan jelas dan harus dipatuhi oleh semua siswa. Jika berhalangan hadir maka harus ada ijin yang jelas kepada guru.

Sedangkan pada metode pendidikan dengan homeschooling anak bisa dan boleh mengatur jadwalnya sendiri. Tentunya setelah ada kesepakatan dengan guru yang akan mengajarnya di rumah. Anak bisa membuat jadwal pelajaran menurut kebutuhannya sendiri tidak harus mulai dari pagi hingga siang hari. Jadwal homeschooling bisa dimulai pada sore hari tergantung kebutuhan.

2. Kelas untuk Belajar

Sistem pembelajaran kelas di sekolah umum atau homeschooling yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan akademis anak? Kelas pada sekolah umum jelas sudah ditentukan dan berada dalam satu lokasi sekolah tertentu. Sedangkan kelas pada metode belajar dengan homeschooling kelas bisa dimana saja.

Setiap kelas pada sekolah umum akan berisi puluhan anak biasanya antara 25-40 orang. Sedangkan pada homeschooling kelas hanya akan berisi beberapa anak saja atau malah hanya 1 anak. Jumlah peserta dalam kelas homeschooling tergantung dari berapa jumlah anak dalam keluarga tersebut yang ikut. Lokasi kelasnya juga berada di dalam rumah.

3. Aktivitas yang Dilakukan

Di sekolah umum segala aktivitas akademik tentu saja dilakukan di kelas sesuai dengan jadwal yang ada. Jika ada jadwal les tambahan dan ektrakurikuler juga akan dilaksanakan sesuai prosedur yang ada dan dilakukan di dalam lingkungan sekolah. Anak tidak bisa beralasan apapun jika memang ada jadwal kegiatan wajib di sekolah. Dalam kondisi apapun anak harus datang dan mengikuti kegiatan tersebut.

Berbeda dengan homeschooling, semua aktivitas bisa dilakukan di rumah dan jadwalnya fleksibel. Orang tua bisa membuat jadwal sendiri untuk anaknya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Jadwal pada sekolah umum atau homeschooling yang lebih bagus untuk anak? Kembali pada kondisi yang ada.

4. Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang diberikan pada sekolah umum sudah ditentukan dengan jelas dan jadwalnya sudah pasti. Setiap siswa wajib mengikuti mata pelajaran yang sudah ditentukan tersebut sesuai dengan kelas masing-masing. Tidak ada yang bisa mengubah susunan mata pelajaran tersebut dengan alasan apapun. Jumlah mata pelajaran perhari antara 3 hingga 4 bidang studi.

Mata pelajaran dalam sistem homeschooling tidak baku dan tidak menggunakan jadwal tetap. Apa saja yang akan dan ingin dipelajari hari itu bisa diatur dan ditentukan sendiri oleh si anak atau orangtuanya. Dan jumlah mata pelajarannya relatif lebih sedikit hanya 1 atau 2 bidang studi saja setiap harinya. Tetapi mata pelajaran di sekolah umum atau homeschooling memiliki materi yang relatif sama.

5. Kurikulum Pengajaran

Kurikulum yang berlaku untuk sekolah umum atau sekolah formal sudah diatur dan ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum tersebut berlaku untuk semua sekolah di seluruh Indonesia. Kurikulum yang berlaku pada pendidikan formal di sekolah terdiri dari 3 jenis. Ketiga jenis itu adalah kurikulum nasional, kurikulum internasional serta kurikulum nasional plus.

Sedangkan kurikulum bagi sekolah dengan metode homeschooling, kurikulum tidak dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah. Kurikulum yang dilaksanakan dalam homeschooling dibuat oleh dibuat sendiri oleh orang tua. Sangat disarankan untuk menyusun kurikulum homeschooling yang sesuai dengan kemampuan si anak itu sendiri.

Jadi manakah yang lebih baik apakah sekolah umum atau homeschooling? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut Anda juga harus mengetahui apa saja persamaan diantara keduanya. Inilah beberapa persamaan dari sekolah umum dan homeschooling.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah, Berikut 6 Tips Memilih Sekolah Yang Terbaik Untuk Anak

Persamaan Sekolah Umum dan Homeschooling

1. Legalitas

Untuk bisa menjawab dan mengetahui jawaban dari pertanyaan mana yang lebih baik bagi anak apakah sekolah umum atau homeschooling memang tidak mudah. Selain harus dilihat perbedaan dari kedua metode pendidikan tersebut kita juga sebaiknya paham persamaannya. Meskipun pembelajaran dilakukan di rumah tetapi homeschooling adalah institusi pendidikan yang legal dan sah.

Legalitas homeschooling telah diatur dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003. UU tersebut telah menjadi dasar hukum dari pelaksanaan homeschooling. Jadi jangan khawatir kalau anak sekolah dengan sistem homeschooling tidak akan diakui oleh pemerintah.

2. Standar Kompetensi

Apakah anak yang bersekolah dengan sistem homeschooling akan bisa memiliki ijasah seperti mereka yang sekolah formal. Tentu saja iya. Proses belajar mengajar pada homeschooling memang sepenuhnya dilakukan di rumah tetapi tetap dengan sistem kompetensi yang ditetapkan. Baik sekolah umum atau homeschooling memiliki standar kompentensi dalam bidang studi yang sama.

Materi pelajaran pada homeschooling sama dengan yang diajarkan di sekolah umum seperti IPA, IPS, Matematika dan sebagainya. Anak-anak yang bersekolah dengan sistem homeschooling juga akan menjalani Ujian Nasional atau UN seperti mereka yang bersekolah umum.

Karena pada homeschooling anak mengikuti UN sesuai dengan jenjang pendidikannya otomatis mereka juga akan mendapatkan ijasah seperti pada sekolah formal. Ijasah yang didapatkan oleh anak homeschooling sama dengan ijasah pada sekolah umum.

Baca Juga : Apakah Anak Perlu Melakukan Les di Luar Sekolah? Berikut Ulasan Lengkapnya

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan dari sekolah dan homeschooling. Lalu manakah yang lebih bagus untuk anak apakah sekolah umum atau homeschooling? Jawabannya adalah semua kembali pada kebutuhan dan kondisi dari si anak itu sendiri.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.