Home / Pendidikan / Buah Hati Anda Kelelahan Saat Menjalani Full Day School? Lakukan 7 Tips Berikut

Buah Hati Anda Kelelahan Saat Menjalani Full Day School? Lakukan 7 Tips Berikut

Kelelahan Saat Menjalani Full Day School – Peraturan full day school yang diterapkan pemerintah atau sekolah tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Kalau anak Anda memilih sistem full day school, sebaiknya mulai bersiap dengan aktivitas yang padat di sekolah. Berada hampir sepuluh jam di sekolah tentu memberikan efek jenuh dan lelah pada semua siswa atau guru pengajar. Ada baiknya Anda memantau perkembangan anak dalam menjalani metode full day school. Terapkan tips menjalani full day school agar si kecil tidak merasa kelelahan.

Baca Juga : Anak Rewel Tidak Ingin Sekolah? Jangan Pesimis, Coba Bujuk Dengan Cara Ini!

Berikut 7 Tips Agar Buah Hati Anda Tidak Kelelahan Saat Menjalani Full Day School

1. Memastikan si kecil tidur siang saat jam istirahat sekolah

Anak-anak mungkin akan mengeluhkan tubuh yang capek karena mereka kehilangan waktu tidur siang. Guna mengakali kelelahan karena waktu belajar di sekolah yang terlalu lama, ajarkan si kecil untuk memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang.

Tak perlu waktu lama untuk beristirahat sebab manusia hanya butuh waktu tidur 15-20 menit saja untuk menyegarkan otak kembali. Tidur siang sebentar saja bisa bermanfaat pada peningkatan konsentrasi sang buah hati Anda. Memanfaatkan waktu luang di sekolah untuk istirahat sejenak merupakan tips menjalani full day school paling efektif.

2. Mengerjakan tugas di sela waktu luang sekolah

Tips menjalani full day school yang maksimal adalah senantiasa mengerjakan tugas di sela waktu luang sekolah. Anak-anak bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan saat jam kosong atau masa istirahat pertama dan kedua. Terbiasa mencicil pekerjaan rumah akan membantu anak-anak bisa beristirahat penuh setelah pulang ke rumah. Anda bisa membantu anak meminimalisir tingkat kelelahan mengerjakan tugas yang diberikan sang guru.

3. Membagi waktu antara sekolah dan kegiatan non akademik

Anak Anda tergolong siswa yang aktif dan kreatif? Tak heran kalau mereka mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri di sekolah. Namun, ada baiknya memberikan pilihan maksimal dua kegiatan ekstra di luar akademik agar anak-anak bisa lebih fokus. Selain itu, perlu pembagian waktu yang baik antara akademik dan non akademik agar keduanya bisa berkembang optimal.

4. Hindari melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat

Anak-anak bisa saja mencari hiburan guna menghilangkan kepenatan dan kelelahan setelah pulang sekolah. Sebaiknya Anda mulai menerapkan tips menjalani full day school pada anak yaitu mengurangi kegiatan sepulang sekolah. Biarkan mereka mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan stamina. Jika mereka ingin menonton televisi atau bermain game, berikan pengaturan durasi waktu agar anak-anak tidak semakin kelelahan.

Baca Juga : Ternyata Begini 5 Cara Menumbuhkan Semangat Motivasi Belajar Pada Anak

5. Hindari mengerjakan tugas dengan metode SKS (Sistem Kebut Semalam)

SKS atau Sistem Kebut Semalam sebaiknya tidak diterapkan jika anak Anda menjalani full day school. Anak-anak akan memforsir otak secara berlebihan untuk mengerjakan tugas semalaman penuh. Metode SKS untuk menghadapi ujian atau materi besok juga tidak efektif. Sebaiknya terapkan metode belajar sedikit demi sedikit agar otak bisa menyerap informasi dengan baik. Setidaknya anak-anak juga telah mempelajari materi jauh hari jelang ujian.

6. Atur waktu untuk liburan atau refreshing

Full day school memang membuat anak-anak merasa lelah dan kehilangan waktu bermain. Pastikan Anda selalu memiliki jadwal liburan bersama buah hati tercinta setiap akhir pekan atau libur nasional. Biarkan anak-anak memiliki jeda waktu untuk bersenang-senang agar otak dan pikiran segar kembali. Rasa bahagia bisa membuat anak-anak semangat masuk sekolah kembali. Terapkan tips menjalani full day school secara konsisten agar anak-anak Anda tetap memiliki motivasi tinggi ke sekolah setiap hari.

7. Memberikan makanan yang bergizi

Tips menjalani full day school yang terakhir adalah memberikan asupan nutrisi bergizi untuk anak-anak. Durasi waktu belajar seharian tentu menguras tenaga dan pikiran sehingga anak harus memiliki kondisi tubuh yang bugar. Berikan bekal makan yang lengkap untuk mendukung performa si kecil di sekolah. Berikan suplemen atau vitamin untuk mendukung kesehatan mereka. Segelas susu atau satu sendok madu setiap hari bisa membantu meningkatkan daya imun anak. Jangan lupa untuk mengingatkan si kecil mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Gaya Belajar Anak Sebagai Bahan Untuk Mengarahkannya

7 tips menjalani full day school bisa Anda jadikan pertimbangan agar si kecil tidak kelelahan. Full Day School bisa saja memberikan dampak positif untuk mengasah kemampuan anak lebih baik termasuk meminimalisir risiko anak menghabiskan waktu luang untuk hal yang kurang bermanfaat. Yuk, terapkan cara efektif di atas agar si kecil bisa menjalani rutinitas padat sebaik mungkin!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.