Home / Pendidikan / Prestasi Cemerlang Jalani Kuliah Sambil Bekerja, Simak Tips Jitu Berikut Ini!

Prestasi Cemerlang Jalani Kuliah Sambil Bekerja, Simak Tips Jitu Berikut Ini!

Prestasi Cemerlang Jalani Kuliah Sambil Bekerja – Sebagian besar mahasiswa cenderung fokus kuliah dan menganggap bekerja part time mustahil. Mengingat tugas dan kegiatan di kampus sangat banyak sehingga kesulitan membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Namun, era digital menjawab semua tantangan yang dianggap tidak mungkin. Anda bisa mendapatkan penghasilan berbekal kecanggihan teknologi. Pekerjaan part time tersedia untuk mahasiswa yang mau aktif dan kreatif. Kalau kamu memiliki motivasi tinggi, simak dulu tips menjalani kuliah sambil bekerja berikut!

Baca Juga : 5 Tips Memasuki Dunia Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru Agar Jangan Sampai Salah

Berikut Adalah Tips Menjalani Kuliah Sambil Bekerja

1. Pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dikuasai

Agar Anda merasa nyaman  menjalani rutinitas kuliah sambil bekerja, ada baiknya memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah. Setikdaknya Anda bisa mempraktikkan semua ilmu yang didapat di kampus di dunia nyata. Misalnya Anda bisa mengambil pekerjaan sebagai part time programmer jika mengambil jurusan Teknik Informatika.

Bagaimana kalau tidak menemukan jenis pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan jurusan kuliah? Tak perlu galau sebab Anda bisa memilih pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan waktu kuliah. Anda bisa bekerja di café atau restoran dengan jam kerja yang telah disepakati. Menikmati tantangan dan dunia kerja bisa memberikan pengalaman yang tidak didapatkan selama di kampus.

2. Berikan informasi status Anda pada kantor

Tips menjalani kuliah sambil bekerja yang lancar adalah memberikan informasi lengkap pada pihak perusahaan mengenai status Anda. Jika perusahaan memang mencari karyawan yang full time atau fokus pada pekerjaan, Anda tentu tidak bisa mengorbankan kuliah demi penghasilan tambahan. Sebaliknya kantor menerima posisi Anda sebagai mahasiswa tentu dengan pertimbangan lain.

Pihak kantor atau perusahaan akan memberikan jadwal bekerja yang sesuai dengan jadwal kuliah. Anda bisa melakukan pekerjaan tanpa mengganggu aktivitas di kampus. Tentu Anda tetap harus membuat daftar prioritas agar kuliah bisa berjalan lancar sedangkan pekerjaan tetap terselesaikan sesuai tenggang waktu.

3. Memberikan performa terbaik saat bekerja

Tips menjalani kuliah sambil bekerja yang lancar adalah senantiasa bekerja sebaik mungkin. Berikan performa menawan agar atasan di tempat kerja menyukai hasil pekerjaan Anda. Performa bekerja yang maksimal bisa menunjukkan dedikasi dan komitmen Anda untuk menjalani kuliah sambil bekerja tanpa kendala. Atasan akan semakin menyukai Anda dan mempertimbangkan karir jangka panjang setelah Anda lulus dari bangku kuliah.

Jangan pernah berfikir bahwa status mahasiswa menjadi alasan pihak atasan atau perusahaan akan memaklumi kinerja yang kurang buruk. Lakukan penyesuaian jadwal sebaik mungkin agar Anda bisa mengontrol pembagian waktu kuliah dan bekerja.

4. Lakukan hal-hal produktif

Mencari kesenangan atau rileks sejenak bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas harian. Kelelahan kuliah dan bekerja bisa memicu hal buruk terjadi seperti stress dan tekanan batin. Anda harus pandai mengatur waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik atau psikis. Jika memiliki waktu luang, gunakan untuk melakukan olahraga atau hobi yang Anda sukai bersama teman-teman.

Tips menjalani kuliah sambil bekerja adalah atur waktu secara fleksibel. Anda tahu kapan waktu terbaik untuk mengerjakan tugas tanpa menunda-nunda. Manfaatkan sela waktu istirahat kuliah untuk mengerjakan tugas dari dosen agar Anda tidak kelabakan menjelang deadline. Jika mendapatkan libur atau cuti bekerja, Anda tetap bisa memaksimalkan waktu untuk bersenang-senang sejenak bersama orang-orang tersayang.

5. Menjaga kesehatan dengan baik

Aktivitas padat kuliah sembari bekerja memaksa tubuh untuk bekerja dua kali lipat dibandingkan Anda hanya berstatus mahasiswa. Alangkah baiknya Anda menerapkan tips menjalani kuliah sambil bekerja yang paling vital yaitu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Meskipun sibuk mengerjakan tugas, Anda tetap harus memiliki jam istirahat yang baik. Gunakan waktu kosong atau sela istirahat kuliah untuk tidur siang sejenak.

Selain itu, pastikan Anda tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih. Olahraga berat mungkin tidak bisa Anda lakukan setelah menjalani kuliah sambil bekerja sehingga Anda harus pandai memanfaatkan situasi dan kondisi. Tips menjalani kuliah sambil bekerja yang tetap utamakan kesehatan tubuh antara lain rutin melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki menuju kampus atau bersepeda.

Baca Juga : Inilah Tips Trik 5 Contoh Usaha Yang Paling Cocok Dijalankan Di Dekat Kampus

Yuk, praktikkan tips menjalani kuliah sambil bekerja agar Anda bisa lulus tepat waktu, tetapi memiliki pengalaman dan penghasilan sendiri! Siapa tahu Anda bisa menjadi pribadi lebih mandiri sejak menjadi mahasiswa yang bekerja part time. Pengalaman dan koneksi baru akan membantu mengembangkan keterampilan Anda lebih baik setelah lulus kuliah nanti.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.