Home / EPS-Topik Korea / Cara Melakukan Pembayaran Daftar Ujian EPS-Topik Korea Melalui ATM BRI

Cara Melakukan Pembayaran Daftar Ujian EPS-Topik Korea Melalui ATM BRI

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM – Yang saya tahu proses pembayaran untuk daftar ujian EPS-Topik Korea melalui ATM baru kali ini diberlakukannya. Entahlah untuk tahun-tahun sebelumnya atau dimana saya belum mengenal EPS-Topik. Tepatnya sejak dibuka pendaftaran ujian EPS-Topik CBT khusus ke-2 tahun 2016 pembayaran EPS-Topik bisa dilakukan melalui ATM. Bahkan bukan hanya melalui ATM saja, kini melalui Internet Banking juga pembayaran EPS-Topik bisa dilakukan. Berbeda jauh ketika tahun-tahun sebelumnya dimana CTKI hanya diperbolehkan melakukan pembayaran melalui Teller Bank saja.

Baca Juga : Petunjuk Lengkap Cara Mudah Daftar EPS-Topik Online CTKI Korea

Dengan diperbolehkannya melakukan pembayaran untuk daftar ujian EPS-Topik Korea melalui ATM dan Internet Banking tentunya hal ini banyak sekali keuntungannya bagi CTKI Korea. Diantaranya CTKI tidak perlu pergi ke Bank untuk transfer uang pendaftaran. Bahkan kalau CTKI melakukan pembayaran melalui Internet Banking maka CTKI bisa melakukannya di rumah saja asal mempunyai koneksi internet.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (1)

Walaupun CTKI sudah diperbolehkan melakukan pembayaran EPS-Topik melalui ATM dan juga Internet Banking, bagi CTKI yang ingin membayar melalui Teller juga masih bisa dilakukan. Artinya proses pembayaran EPS-Topik Korea kali ini dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu : Teller, ATM, dan Internet Banking.

Untuk CTKI yang ingin melakukan pembayaran melalui Teller Bank silakan CTKI datang sendiri ke Bank terdekat dengan menggunakan layanan Brinets Ekspress. Kenapa menggunakan Britnets? Karena proses pembayaran EPS-Topik saat ini masih tetap yaitu menggunakan layanan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Lalu bagaimana cara melakukan pembayaran EPS-Topik Korea melalui ATM dan juga Internet Banking? Tenang saja karena disini saya akan membuat tutorial lengkapnya. Disini saya hanya akan memberikan penjelasan cara pembayaran EPS-Topik Korea melalui ATM saja. Untuk cara melalui Internet Banking Insya Allah dilain kesempatan akan saya bahas juga.

Berikut Cara Melakukan Pembayaran EPS-Topik Korea Melalui ATM

Pastikan saldo Anda cukup untuk melakukan proses pembayaran ini dan cara ini hanya bisa kita lakukan jika kita sudah melakukan pendaftaran EPS-Topik Korea secara online di website g2g.bnp2tki.go.id. Kenapa harus sudah mendaftar EPS-Topik? Karena nanti ketika proses pembayaran ini akan diminta Kode Booking atau Kode Bayar, sedangkan kode ini akan didapatkan pada lembar tanda bukti Pra Pendaftaran Online.

Baiklah jika Kode Bayar sudah Anda dapatkan kini saatnya untuk melakukan pembayaran melalui ATM. Gunakan kartu ATM Anda yang saldonya cukup untuk membayar biaya pendaftaran EPS-Topik ini.

Dibawah ini adalah tampilan awal layar monitor ATM, silakan Anda klik pilih Lanjutkan.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (2)

Proses selanjutnya silakan Anda masukkan kode rahasia atau PIN ATM Bank BRI Anda. Jika PIN yang Anda masukkan benar maka akan tampil Pilihan Jumlah Paket Tunai. Disini Anda klik pilih Transaksi Lain.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (3)

Karena pilihan yang ingin kita tuju belum ada, maka silakan Anda klik pilih lagi Lainnya.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (4)

Pilihan transaksi pembayaran dari Bank BRI memang lumayan banyak. Pada halaman inipun pilihan yang ingin kita tuju belum ada, silakan klik pilih lagi Lainnya.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (5)

Nah sekarang pilihan transaksi pembayaran untuk ujian EPS-Topik sudah ada, silakan Anda klik pilih Multi Payment.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (6)

Anda masukkan kode Multi Payment untuk EPS-Topik Korea. Kode Multi Payment biasanya terdiri dari empat angka dan kode Multi Payment untuk EPS-Topik adalah 30135. Setelah mengetikkan kode Multi Payment kemudian Anda ketik juga dengan Kode Booking atau Kode Bayar. Kode ini akan dapatkan pada lembaran hasil daftar ujian EPS-Topik Korea online. Anda pilih tombol Benar jika memang angka (Multi Payment+Kode Bayar) yang Anda masukkan sudah selesai.

Untuk memastikan bahwa Kode Multi Payment EPS-Topik yang Anda masukkan benar, silakan dipilih tombol Daftar Kode.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (7)

Anda lihat Kode Multi Payment untuk EPS-Topik Korea adalah 30135. Klik Lanjutkan untuk kembali pada halaman tadi.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (8)

Ini adalah contoh pengisian Kode Multi Payment EPS-Topik dan juga dengan Kode Booking/Kode Bayar.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (9)

Jika tampilan selanjutnya seperti pada gambar di bawah ini, berarti proses pembayaran Anda sukses. Nanti akan tampil informasi pembayaran meliputi Kode Billing, Nama TKI, Waktu Ajuan, Jumlah Tagihan, dan Admin Bank. Silakan konfirmasi pembayaran Anda dengan memilih tombol Ya.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (10)

Sukses! Kini pembayaran ujian EPS-Topik Korea melalui ATM sudah Anda lakukan dengan sempurna. Klik tombol Tidak jika Anda tidak akan melakukan transaksi lain lagi.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (11)

Simpan baik-baik bukti Pembayaran EPS-Topik ini karena nanti akan diperlukan ketika Anda melakukan Pendaftaran dan Verifikasi. Bukti pembayaran ini bisa Anda simpan dalam format Softcopy di Flashdisk atau media eksternal lainnya. Kemudian bisa juga format bukti pembayaran ini disimpan dalam bentuk Hardcopy atau hasil print outnya.

Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Di ATM (12)

Bagaimana mudah bukan? Dan mungkin hanya itu saja panduan Cara Pembayaran EPS-Topik Korea Melalui ATM. Semoga artikel ini ada manfaatnya terutama bagi Anda yang sedang menjalani proses kerja ke Korea melalui sistem G2G atau EPS-Topik.

 

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. mas mau tanya untuk biaya bisa berangkat ke korea dari awal belajar bahasa sampai berangkat ke korea kira” berapa?
    dan untuk biaya hidup di sana bagaimana untuk bulan pertama? kira” butuh berapa won / rupiah di awal bulan ke korea?

    • Kira-kira antara 20 hingga 25 juta mas jika prosesnya lancar. Selama satu bulan awal disana kita diwajibkan membawa uang saku minimal 500 ribu won.

  2. kalo ada uang 12jt kira kira cukup gak mas.saya gak ikutan lembaga bahasa korea lagi apa bisa berangkat kalo ngurus sendiri gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *